Patung Kuno dengan Hiasan Kepala Mirip 'Star Wars' Ditemukan di Meksiko

loading...
Patung Kuno dengan Hiasan Kepala Mirip Star Wars Ditemukan di Meksiko
Para petani menemukan patung wanita kuno yang memiliki hiasan kepala yang terlihat seperti hiasan kepala "Star Wars" mantan murid Jedi Ahsoka Tano (kanan). Foto/@Maria Eugenia Maldonado Vite
JAKARTA - Arkeolog Institut Antropologi dan Sejarah Nasional Meksiko (INAH) menemukan patung wanita misterius setinggi dua meter yang diperkirakan berusia 500 tahun. Patung wanita tersebut mengenakan hiasan kepala besar seperti 'Star Wars'.

Patung Kuno dengan Hiasan Kepala Mirip 'Star Wars' Ditemukan di Meksiko


Patung yang ditemukan itu terbuat dari batu kapur setinggi dua meter menggambarkan seorang wanita muda yang mengenakan pakaian dan perhiasan yang rumit. Di lehernya tersemat kalung dengan liontin melingkar, yang dikenal sebagai "oyohualli.". Terdapat juga anting seperti rumbai dan hiasan kepala yang menyerupai hiasan kepala "Star Wars" Ahsoka Tano, mantan Jedi yang menjadi pejuang dalam seri fiksi ilmiah. (Baca: Arkeolog Temukan Batu yang Diklaim Alat Tertua di Bumi)

Patung itu kemungkinan besar menggambarkan seorang wanita elit. "Mungkin seorang pembesar atau penguasa, karena postur dan pakaiannya. Tapi yang jelas, patung itu bukan dewa," kata Maria Eugenia Maldonado Vite, seorang arkeolog di INAH Veracruz Center yang memimpin penggalian.



Patung Kuno dengan Hiasan Kepala Mirip 'Star Wars' Ditemukan di Meksiko


Penemuan patung itu diantara lokasi situs arkeologi Aztec Tuxpan dan Huastec Castillo de Teayo. "Gaya wanita muda dari Amajac mirip dengan representasi dewi Bumi dan kesuburan Huastec, tetapi dengan pengaruh eksternal," kata Maldonado Vite.

Arkeolog berencana untuk mempelajari patung itu lebih lanjut, termasuk area tempat ditemukannya patung itu. Sebelumnya, situs itu tidak diketahui oleh para arkeolog . Tetapi selama di lokasi, Maldonado Vite melihat struktur kecil di dekatnya yang mungkin merupakan bangunan tempat tinggal pra-Kolombia. (Baca juga: Ahli Temukan Fakta Baru tentang Harimau Tasmania yang Sudah Punah)



Patung Kuno dengan Hiasan Kepala Mirip 'Star Wars' Ditemukan di Meksiko
halaman ke-1 dari 2
preload video
KOMENTAR ANDA
Top