10 Misi Astronot Terlama di Luar Angkasa, Rekor Dipegang Valery Polyakov

Minggu, 17 Januari 2021 - 06:35 WIB
loading...
10 Misi Astronot Terlama di Luar Angkasa, Rekor Dipegang Valery Polyakov
Ilustrasi foto/SINDOnews/Masyhudi
A A A
MENINGGALKAN atmosfer Bumi dan berada di jagat raya adalah pencapaian luar biasa dari sebuah misi ke luar angkasa, terlepas dari berapa lama perjalanan tersebut berlangsung. Jumlah waktu, sumber daya, dan upaya mencengangkan lazim dilakukan para astronot dalam menjalankan misi luar angkasa.

Jadi sudah berapa lama orang bisa menghabiskan waktu di luar angkasa? Berikut orang-orang yang menjalankan misi di luar angkasa terlama berdasarkan jumlah hari yang dihabiskannya dalam satu kali misi luar angkasa.

1. Valery Polyakov

10 Misi Astronot Terlama di Luar Angkasa, Rekor Dipegang Valery Polyakov


Durasi Waktu di Luar Angkasa : 437,75 hari*

Misi yang Dijalani : Mir EO 15
Mulai Menjalankan Misi : 8 Januari 1994
Pesawat yang Digunakan : Soyuz TM-18

Periode 437,75 hari Valery Poliyakov di luar angkasa adalah yang terlama hingga saat ini sebagai misi ke luar angkasa dalam satu misi. Ketika panjang misi ini digabungkan dengan ekspedisinya yang lain, Polyakov didokumentasikan telah menghabiskan lebih dari 22 bulan di luar angkasa. Dia juga menyelesaikan 25 percobaan pengobatan penerbangan luar angkasa dengan fokus pada paru-paru, sistem kekebalan, sistem otot, dan diet. (Baca: Patung Kuno dengan Hiasan Kepala Mirips Star Wars Ditemukan di Meksiko)

2. Vladimir Titov dan Musa Manarov

10 Misi Astronot Terlama di Luar Angkasa, Rekor Dipegang Valery Polyakov


Durasi Waktu di Luar Angkasa : 365,94 hari
Misi : Mir EO-3
Mulai Menjalankan Misi : 21 Desember 1987
Pesawat yang Digunkan : Soyuz TM-4

Vladimir Titov dipasangkan dengan Gennadi Strekalov di tim kosmonot pada 1976, dan keduanya menjabat sebagai kru cadangan untuk misi Soyuz T-5 dan Soyuz T-9. Titov juga pernah menjadi komandan misi Soyuz T-10-1 yang gagal, dan akhirnya memasuki ruang angkasa untuk pertama kalinya sebagai komandan Soyuz T-8. Ketika dia bertugas di misi Soyuz TM-4, dia dan rekan krunya Musa Manarov memecahkan rekor dengan menghabiskan satu tahun penuh di luar angkasa.

3. Yuri Romanenko, Aleksandr Laveykin, dan Aleksandr Aleksandrov

10 Misi Astronot Terlama di Luar Angkasa, Rekor Dipegang Valery Polyakov


Durasi Waktu di Luar Angkasa : 326,48 hari
Misi : Mir EO-2
Mulai Menjalankan Misi : 5 Februari 1987
Pesawat yang Digunakan : Soyuz TM-2

Juga dikenal sebagai Mir Principal Expedition 2, misi ini adalah misi terpanjang kedua yang dihabiskan di stasiun luar angkasa baru orbit Bumi rendah Mir. Beberapa komplikasi tak terduga muncul ketika kosmonot Aleksandr Laveykin didiagnosis dengan masalah jantung ringan dan harus pulang dalam perjalanan misi. Posisinya di Mir kemudian diisi oleh Aleksandr Aleksandrov. Uni Soviet sebenarnya
meluncurkan Mir sebelum waktunya, dan tetap kosong selama beberapa bulan pertama di luar angkasa.

4. Leonid Kizim, Vladimir Solovyov, dan Oleg Atkov

10 Misi Astronot Terlama di Luar Angkasa, Rekor Dipegang Valery Polyakov


Durasi Waktu di Luar Angkasa : 236,95 hari
Misi : Salyut 7 EO 3
Mulai Menjalankan Misi : 8 Februari 1984
Pesawat yang Digunakan : Soyuz T-10

Ketika misi Soyuz T-10-1 yang gagal mengakibatkan awaknya melakukan pendaratan darurat, Salyut 7 dibiarkan kosong hingga digantikan Salyut 7 EO ? 3. Akibatnya, stasiun menjadi gelap dan tidak aktif ketika awak Soyus T-10 tiba dan dibutuhkan tiga kegiatan luar angkasa yang berbeda untuk melakukan perbaikan pada saluran bahan bakar selama ekspedisi. Misi ini merupakan ekspedisi kelima ke Salyut 7, dan dikunjungi oleh ekspedisi ke-6 dan ke-7. Stasiun luar angkasa Salyut 7 diluncurkan pada 19 April 1982. (Baca juga: Ilmuwan Mengembangkan Icebot untuk Mengeksplorasi Planet yang Membeku)

5. Anatoli Berezovoy dan Valentin Lebedev

10 Misi Astronot Terlama di Luar Angkasa, Rekor Dipegang Valery Polyakov


Durasi Waktu di Luar Angkasa : 211,38 hari
Misi : Salyut 7 EO 1
Mulai Menjalankan Misi : 13 Mei 1982
Pesawat yang Digunakan : Soyuz T-5

Stasiun ruang angkasa rendah orbit Bumi Salyut 7 pertama kali diawaki selama misi luar angkasa pada 1982. Setelah kru mendirikan toko di Salyut 7, mereka dikunjungi oleh kapal pemasok Progress 13, yang tidak memiliki awak manusia, serta oleh berawak Soyuz T-6 dan Soyuz T-7. Misi Salyut 7 EO-1 adalah perjalanan pertama dan satu-satunya komandan Anatoli Berezovoy ke luar angkasa. Awak Salyut 7 EO 1 meluncurkan satelit radio yang diklaim Rusia sebagai satelit pertama yang diluncurkan dari pesawat
ruang angkasa berawak.

6. Leonid Popov dan Valery Ryumin

10 Misi Astronot Terlama di Luar Angkasa, Rekor Dipegang Valery Polyakov


Durasi Waktu di Luar Angkasa : 184,84 hari
Misi : Salyut 6 EO 4
Mulai Menjalankan Misi : 9 April 1980
Pesawat yang Digunakan : Soyuz 35

Awak misi Salyut 6 EO 4 melakukan penelitian teknis dan eksperimen ilmiah di luar angkasa di antara penyambutan empat kru tamu internasional yang berbeda. Pengunjung kosmonot internasional berasal dari Hongaria, Kuba, dan Vietnam, dan setiap awak berkunjung satu per satu selama beberapa bulan. Ryumin menyatakan bahwa area pandang di kompartemen transfer pada Salyut 6 telah kehilangan beberapa transparansi dan terkelupas sejak misi terakhirnya. (Baca juga: 20 Tahun Beroperasi, ISS Itu Kotor dan Astronotnya Pernah Rebutan Toilet)

7. Vladimir Lyakhov dan Valery Ryumin

10 Misi Astronot Terlama di Luar Angkasa, Rekor Dipegang Valery Polyakov


Durasi Waktu di Luar Angkasa : 175,02 hari
Misi : Salyut 6 EO 3
Mulai Menjalankan Misi : 25 Februari 1979
Pesawat yang Digunakan : Soyuz 32

Lyakhov dan Ryumin tidak punya waktu untuk menetap sebelum pekerjaan mereka dimulai pada Salyut 6, karena sistem propulsi telah mengeluarkan kebocoran propelan yang membutuhkan perhatian segera. Awak harus membongkar Progress 5, kapal pemasok tanpa awak, untuk mendapatkan semua suku cadang
yang mereka butuhkan untuk perbaikan. Secara keseluruhan, mereka butuh empat hari untuk melakukan semua perbaikan dan peningkatan yang diperlukan. Pada 24 Maret1979, kru di Salyut 6 memasang TV untuk melengkapi tautan dua arah yang mereka gunakan untuk mengirim kembali gambar televisi pertama dari luar angkasa.

8. Vladimir Kovalyonok dan Aleksandr Ivanchenkov

10 Misi Astronot Terlama di Luar Angkasa, Rekor Dipegang Valery Polyakov


Durasi Waktu di Luar Angkasa : 139,62 hari
Misi : Salyut 6 EO 2
Mulai Menjalankan Misi : 15 Juni 1978
Pesawat yang Digunakan : Soyuz 29

Awak Soyuz 29 berhasil merapat di Salyut 6 pada Juni 1978, menjadi awak tetap kedua setelah tiga bulan kosong di stasiun. Ketika Kovalyonok dan Ivanchenkov mendarat di stasiun, mereka segera menjalankan sistem daur ulang air, udara, dan pengaturan termal. Mereka juga harus menghentikan stasiun selama
seminggu sementara mereka menyesuaikan diri.Para kru melakukan eksperimen medis dan ilmu kehidupan selama misi ini.

9. Yuri Romanenko dan Georgi Grechko

10 Misi Astronot Terlama di Luar Angkasa, Rekor Dipegang Valery Polyakov


Durasi Waktu di Luar Angkasa : 96,42 hari
Misi : Salyut 6 EO-1
Mulai Menjalankan Misi : 10 Desember 1977
Pesawat yang Digunakan : Soyuz 26

Stasiun luar angkasa orbital Uni Soviet, Salyut 6 adalah stasiun paling sukses sebelum stasiun Mir. Salyut 6 EO-1 adalah misi pertama yang berhasil merapat dengan Salyut 6, dan secara umum dikatakan telah mengamankan kehadiran Rusia di luar angkasa. Misi ini adalah penerbangan luar angkasa terpanjang yang pernah dilakukan pada saat itu, dan menetapkan tonggak sejarah sebagai pendaratan pertama dari tiga pesawat luar angkasa berbeda bersama-sama. Soyuz 26 juga merupakan misi luar angkasa pertama yang mengunjungi anggota kru dari pesawat ruang angkasa lain yang diluncurkan secara terpisah. (Baca juga: Ahli Temukan Fakta Baru Tentang Harimau Tasmania yang Sudah Punah)

10. Gerald P. Carr, Edward G. Gibson, dan William R. Pogue

10 Misi Astronot Terlama di Luar Angkasa, Rekor Dipegang Valery Polyakov


Durasi Waktu di Luar Angkasa : 84,05 hari
Misi : Skylab 4
Mulai Menjalankan Misi : 16 November 1973
Pesawat yang Digunakan : SA 208

Misi NASA ini juga disebut SL-4 dan SLM-3, dan merupakan misi Skylab ketiga dan terakhir dengan awak manusia. Pesawat ulang-alik ini diluncurkan dari Kompleks Peluncuran Kennedy Space Center 39B, Nevada Amerika Serikat (AS) untuk melanjutkan pekerjaan yang dimulai oleh dua kru Skylab sebelumnya. Para kru melanjutkan penelitian biomedis mengenai efek perjalanan luar angkasa jangka panjang pada tubuh manusia, dan mulai mempelajari Komet Kohoutek. Skylab 4 membawa kru pemula terbesar NASA yang diluncurkan ke luar angkasa.

Sumber: www.largest.org
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1536 seconds (0.1#10.140)