Dipamerkan Sejak 1988, Museum Alabama Restorasi Pesawat Pathfinder

Kamis, 21 Januari 2021 - 09:54 WIB
loading...
Dipamerkan Sejak 1988, Museum Alabama Restorasi Pesawat Pathfinder
Pusat Luar Angkasa & Roket AS di Alabama pada Selasa mengumumkan rencana untuk memulihkan satu-satunya model pesawat ulang-alik berukuran normal di dunia. Foto/Phys
A A A
ALABAMA - Pusat Luar Angkasa & Roket AS di Alabama pada Selasa mengumumkan rencana untuk memulihkan satu-satunya model pesawat ulang-alik berukuran normal di dunia. Pesawat luar angkasa yang diberi nama Pathfinder itu digabungkan dengan tangki bahan bakar eksternal dan penguat roket ganda.

Pathfinder telah dipamerkan di luar museum sejak 1988 di Huntsville selama lebih dari tiga dekade. Restorasi akan didanai dari dana hibah negara federal sebesar US$ 500.000 dan sumbangan perusahaan swasta. (Baca: NASA Dipersenjatai Nuklir untuk Invasi Bulan dan Mars)

Maket pesawat ulang-alik itu digabungkan dengan tangki bahan bakar besar dan dua prototipe penguat roket padat. Pemugaran akan memakan waktu beberapa tahun dan melibatkan pemindahan layar, perbaikan, dan pengembalian ke beton raksasanya.

Pathfinder awalnya digunakan untuk menguji penanganan di darat, transportasi, dan prosedur lain untuk pesawat ulang-alik . Setelah pengujian selesai dan tidak lagi dibutuhkan oleh Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional, model pesawat itu akhirnya dihibahkan ke museum. (Baca juga: Laba-laba Pintar Ini Menjerat Mangsanya dengan Perangkap Daun)

Maket Pathfinder yang ada di museum dilengkapi dengan fiberglass, panel kayu lapis, dan mesin agar lebih menyerupai pesawat ulang-alik yang sebenarnya.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1422 seconds (0.1#10.140)