Menghindari Kanibalisme, Belalang Jantan Gunakan Trik Baru Saat Kawin

Kamis, 21 Januari 2021 - 11:34 WIB
loading...
Menghindari Kanibalisme, Belalang Jantan Gunakan Trik Baru Saat Kawin
Belalang sembah jantan mulai mengembangkan cara baru untuk menghindari kanibalisme yang dilakukan betinanya usai melaksanakan ritual kawin. Foto/dok
JAKARTA - Belalang sembah jantan mulai mengembangkan cara baru untuk menghindari kanibalisme yang dilakukan betinanya usai melaksanakan ritual kawin. Seperti diketahui, 60 persen perkawinan belalang berakhir targis dengan dimakannya pejantan oleh betinanya.

"Belalang jantan seperti memainkan roulette Rusia setiap kali mereka bertemu dengan betina kanibal," jelas Nathan Burke, ahli entomologi di University of Auckland dan pakar serangga seperti dikutip Science Alert. (Baca: Teliti Sampel Batu Bulan, China Membuka Diri untuk Ilmuwan Asing)

Berdasarkan jurnal yang diterbitkan Biology Letters, belalang sembah jantan memiliki strategi baru untuk menghindari kematian. "Di bawah ancaman serangan kanibal, belalang jantan mencoba menaklukkan betina dengan menjepitnya supaya tidak leluasa bergerak," kata Burke.

Belalang jantan yang berhasil membuat betinanya tak berkutik kemungkinan akan selamat dari kanibalisme. "Ini menunjukkan bahwa gulat adalah taktik kawin dan taktik bertahan hidup bagi belalang jatamn," tambahnya.



Berdasarkan penelitian terhadap 52 pasang belalang sembah, jantan yanng berhasil 'menguasai' betinanya akan memiliki kesempatan 78% lolos dari kematian. (Baca juga: Planet Bumi Sekarat Lebih Cepat dari yang Kita Duga)

"Saya sangat terkejut menemukan bahwa pejantan melukai betina saat mencoba menaklukkan mereka untuk kawin. Tidak ada yang seperti itu yang pernah diamati pada belalang sembah sebelumnya," katanya.
(ysw)
preload video
KOMENTAR ANDA