Fosil di Kanada Ungkap Bayi Tyrannosaurus hanya Seukuran Anjing Dewasa

Selasa, 26 Januari 2021 - 15:28 WIB
Fosil di Kanada Ungkap Bayi Tyrannosaurus hanya Seukuran Anjing Dewasa
Foto/dok
EDINBURGH - Tim ahli paleontologi dari Universitas Edinburgh berhasil mengidentifikasi sisa-sisa fosil tulang rahang dan cakar kecil yang ditemukan di Kanada dan AS. Diketahui kalau fosil yang hanya seukuran anjing Border Colie merupakan anak dari Tyrannosaurus.

Bentuk fosil itu terungkap, dalam pemindaian 3D yang ternyata milik bayi tyrannosaurus, sepupu dari dinosaurus T-Rex. Mereka adalah fosil embrio tyrannosaurus pertama yang diketahui. Ini menunjukkan bahwa, mahluk yang hidup lebih dari 70 juta tahun lalu panjangnya sekitar 91 cm saat baru menetas. (Baca: Fosil Ini Membuktikan Kalau Dinosaurus Juga Mengerami Telurnya)

Tim juga memperkirakan bahwa telur tiranosaurus memiliki panjang sekitar 17 inci (43 cm). Ciri khas tiranosaurus ditemukan dalam analisis tulang rahang sepanjang tiga sentimeter, termasuk "dagu" yang menunjukkan ciri-ciri fisik tyrannosaurus sebelum menetas.

Para peneliti mengatakan bayi tyrannosaurus yang baru menetas akan seukuran anjing Border Collie. Ini jauh dari bayi raptor yang digambarkan dalam film seperti Jurassic Park.

Dr Greg Funston, dari School of GeoSciences universitas mengatakan, tulang-tulang ini adalah jendela untuk mengetahui ke dalam kehidupan awal tyrannosaurus . Dari tulang-tulang ini peneliti bisa mengetahui ukuran bayi tyrannosaurus. (Baca juga: Dipercaya Sedot Energi Lubang Hitam, Ini Cara Baru Temukan Allien)

"Kami sekarang tahu bahwa mereka akan menjadi tukik terbesar yang pernah muncul dari telur. Mereka terlihat sangat mirip dengan induknya," kata Funston, dikutip BBC.