Dipercaya Sedot Energi Lubang Hitam, Ini Cara Baru Temukan Alien

Selasa, 26 Januari 2021 - 10:00 WIB
Dipercaya Sedot Energi Lubang Hitam, Ini Cara Baru Temukan Alien
Makhluk luar angkasa dipercaya mampu menambang energi yang ada di dalam lubang hitam. Foto/Ist
JAKARTA - Alien disebut bisa menyedot tenaga dari lubang hitam . Karena itu, para ilmuwan berpendapat, mendekati lubang hitam adalah cara terbaik untuk melihat makhluk luar angkasa .

Teknologi penghasil energi ini dapat meninggalkan jejak di luar cakrawala peristiwa lubang hitam yang berputar -batas di mana gravitasi lubang hitam menjadi terlalu kuat untuk materi dan energi melarikan diri. Dan proses tersebut dapat menjelaskan setidaknya beberapa semburan plasma, suatu bentuk gas bermuatan panas-putih, yang telah dideteksi oleh para ilmuwan di dekat gangguan besar dalam ruang dan waktu. Hal itu diungkap sebuah studi baru yang diterbitkan 13 Januari di jurnal Physical Review D.

Sementara ini hanya ide fiksi ilmiah saat ini -lubang hitam terdekat dengan Bumi diperkirakan berjarak lebih dari 1.000 tahun cahaya, yang terlalu jauh untuk dijangkau dalam banyak kehidupan manusia. Jika astrofisikawan bisa menemukan sebuah metode penyadapan raksasa kosmik ini, lubang hitam yang berputar bisa menjadi sumber energi yang hampir tak terbatas untuk peradaban berteknologi maju.

Astrofisikawan Luca Comisso dari Columbia University di New York, mengatakan, langkah selanjutnya adalah mencari tahu seperti apa energi ekstraksi yang disengaja dari lubang hitam. "Melakukan hal itu akan memungkinkan penduduk Bumi untuk berpotensi mendeteksi peradaban alien yang jauh," kata Comisso kepada Live Science.

"Kami baru menyelesaikan fisika di makalah ini," katanya. "Tapi saya sekarang bekerja dengan rekan saya untuk menerapkan ini pada kenyataan, untuk mencari peradaban, untuk mencoba melihat sinyal seperti apa yang perlu Anda cari."

Lubang Hitam Berputar
Ini adalah keempat kalinya dalam 50 tahun cara baru untuk menyedot energi dari lubang hitam yang berputar telah diusulkan. Yang paling terkenal adalah studi tahun 1969 oleh fisikawan terkenal Roger Penrose, yang memenangkan Hadiah Nobel dalam bidang fisika pada 2020 untuk karyanya tentang lubang hitam.

Dia mengusulkan mekanisme yang dikenal sebagai proses Penrose, di mana sebuah partikel pecah menjadi dua tepat di samping lubang hitam yang berputar mendekati kecepatan cahaya. Bagian dari partikel tersebut kemudian jatuh melalui ergosfer, wilayah ruang-waktu yang kacau tepat di luar cakrawala peristiwa lubang hitam, sebelum jatuh ke dalam lubang hitam itu sendiri.

"Karena lubang hitam berputar sangat cepat, itu menyeret ruang-waktu seperti pusaran," kata Comisso.

Menurut perhitungan, benda yang jatuh ke dalam ergosfer ini dapat memiliki energi negatif, yang tidak mungkin terjadi di tempat lain di alam semesta. "Ini adalah satu-satunya wilayah kecil di mana hal ini bisa terjadi," sebut Comisso.

Dan karena menambahkan partikel berenergi negatif ke lubang hitam setara dengan mengekstraksi energi darinya, alien dapat secara efektif memanfaatkan energi lubang hitam dengan menangkap bagian partikel yang lolos dari gravitasi intens lubang hitam. "Ini seperti memberi makan lubang hitam dengan energi negatif," imbuhnya.