Pola Cangkang Lobster Menginspirasi Ilmuwan Membuat Beton Lebih Kuat

Rabu, 27 Januari 2021 - 07:16 WIB
loading...
Pola Cangkang Lobster Menginspirasi Ilmuwan Membuat Beton Lebih Kuat
Foto/dok
SYDNEY - Terinspirasi oleh pola puntiran alami dari cangkang lobster, para peneliti Australia mengatakan mereka telah menemukan cara, menggunakan teknologi pencetakan 3D, untuk meningkatkan kekuatan beton agar bisa digunakan dalam arsitektur kompleks.

Menurut studi baru dari RMIT University Melbourne, diperkuat dengan serat baja, beton menjadi lebih tahan lama jika diatur dalam pola yang meniru cangkang lobster. (Baca: Temuan Prasasti Ini Ungkap Kerajaan Misterius di Turki)

Alih-alih menggunakan cetakan, prosesnya melibatkan penumpukan lapisan beton satu di atas yang lain, diarahkan dari program komputer menggunakan teknologi pencetakan 3D.

"Cangkang lobster selalu menjadi sesuatu yang membuat saya takjub dengan bentuk dan arsitekturnya yang sangat menarik, dan terutama (karena) cangkang lobster benar-benar sangat kaku," kata ketua peneliti Jonathan Tran kepada Reuters. (Baca juga: Fosil di Kanada Ungkap Bayi Tyrannosaurus hanya Seukuran Anjing Dewasa)



Tran mengatakan desain tersebut akan membantu saat membangun lengkungan yang menantang atau struktur bengkok dengan geometri yang kompleks.
(ysw)
preload video
KOMENTAR ANDA