Ribuan Koin dan Cicin Emas Langka Ditemukan di Ladang Jagung Polandia

Kamis, 28 Januari 2021 - 09:28 WIB
loading...
A A A
Sebagian besar koin yang ditemukan adalah koin perak yang dikenal sebagai Cross Denarii. Dicetak dengan gambar salib besar dan berasal dari akhir abad ke-11 atau awal abad ke-12.

Timbunan itu juga menyimpan koin Ceko, Denmark, Hungaria dan Jerman, termasuk koin dinar Raja Jerman Henry III. Koin paling langka adalah dinar yang menampilkan Sieciech, seorang negarawan Polandia berpangkat tinggi yang melayani Wladyslaw I Herman, Adipati Polandia dari 1079 hingga 1102.

"Sensasi terbesar dari timbunan itu adalah empat cincin emas, termasuk cincin dengan tulisan Cyrillic tentang wanita bernama Maria," katanya.

Ribuan Koin dan Cicin Emas Langka Ditemukan di Ladang Jagung Polandia


Tidak seperti pernak-pernik perak, perhiasan emas sangat langka di Polandia selama periode Abad Pertengahan awal. Mungkin, cincin emas yang baru ditemukan itu milik dinasti penguasa pertama Polandia, yang dikenal sebagai dinasti Piast.

"Harta karun (tertanggal 1105) itu mungkin milik Zbigniew, pejabat kerajaan Polandia, dan cincin kawin yang memakai tulisan Cyrillic bisa jadi merupakan hadiah dari neneknya - Dobroniega Maria, putri Vladimir yang Agung, Pangeran Kiev, dan seorang istri," kata Kędzierski. (Baca juga: Peneliti Temukan Penyebab Es di Greenland Mencair Secara Misterius)

Setelah timbunan itu digali, para peneliti akan menganalisis dan menentukan tanggal potongan emas dan perak serta kantong linen dan keranjang yang menyimpan harta karun tersebut. "Yang sangat menarik adalah menetapkan asal usul barang-barang dekorasi emas, seperti cincin itu," kata Kedzierski.

Ribuan Koin dan Cicin Emas Langka Ditemukan di Ladang Jagung Polandia


Penemuan timbunan kedua di Sluszkow menunjukkan bahwa desa tersebut mungkin telah memainkan peran yang lebih penting dalam sejarah. Mungkin seorang pejabat tinggi yang terkait dengan kerajaan tinggal di Sluszkow, atau mungkin itu tempat tinggal sementara untuk Zbigniew. (Baca juga: Begini Cara Ilmuwan Memperkirakan Usia Benda-benda Purbakala)

Sluszkow terkenal dengan artefak awal abad pertengahan lainnya. Selama bertahun-tahun, petani setempat telah memberi tahu para arkeolog tentang peti dan piring abad pertengahan awal yang ditemukan di ladang mereka. "Mungkin merupakan tanda dari sisa bangunan batu di daerah Sluszkow," kata Kedzierski.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1383 seconds (0.1#10.140)