Mengenal Kehebatan AS2, Pesawat Supersonik Tanpa Emisi dan Polusi Suara

Senin, 01 Februari 2021 - 21:45 WIB
loading...
A A A
"Hal kedua yang kami pikirkan adalah sumber energi kami. Kami menginginkan pesawat yang tidak bergantung pada bahan bakar fosil dan yang dapat beroperasi dengan 100% bahan bakar sintetis sejak hari pertama," tuturnya.

Perusahaan juga berkomitmen pada program reboisasi yang substansial untuk memastikan penggantian kerugian karbon bagi setiap pelanggan di setiap penerbangan. Vice menambahkan, AS2 dirancang untuk memenuhi Standar Kebisingan Pesawat Tahap 5, peraturan kebisingan pendaratan dan lepas landas yang paling ketat.

"Kami pikir kami telah memecahkan masalah itu. Pesawat kami akan setenang pesawat lain di sekitar bandara," ucap Vice.

Tapi mungkin salah satu fitur AS2 yang paling inovatif adalah "penerbangan tanpa boom" yang memungkinkan pesawat terbang secara supersonik di darat tanpa ledakan menghantam tanah. Sebaliknya, suara itu dibiaskan kembali ke atmosfer.

Aerion menemukan "boomless cruise" karena jenis alternatif penerbangan supersonik yang lebih sunyi, yang disebut "low boom", meski tidak terlalu berisik dibandingkan Concorde, masih menghasilkan suara di darat yang mirip dengan gemuruh guntur di kejauhan.

Vice ingin membuktikan teknologi baru ini dapat bekerja. "Begitu regulator melihat bahwa kami dapat melakukannya dengan andal, kami akan memiliki pesawat pertama dalam sejarah yang dapat terbang supersonik di atas tanah, dan tidak ada orang di darat yang akan mendengar ledakan tersebut," klaimnya.

Vice menganggap bahwa "penerbangan tanpa booming", ditambah dengan operasi netral karbon, akan memberikan keuntungan produktivitas yang menarik bagi calon pelanggan AS2.
(iqb)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2189 seconds (0.1#10.140)