ESA Teken Kontrak Pembuatan Modul Orion untuk Misi NASA ke Bulan

Rabu, 03 Februari 2021 - 08:29 WIB
loading...
ESA Teken Kontrak Pembuatan Modul Orion untuk Misi NASA ke Bulan
European Service Modules (ESMs) sedang membangun modul di Bremen, Jerman untuk misi NASA ke Bulan. Foto/Airbus
A A A
BREMEN - Eropa akan membangun tiga modul untuk kapsul awak Orion badan antariksa NASA untuk misi Artemis ke Bulan. Modul ini adalah bagian belakang kendaraan astronot Amerika, dalam menyediakan tenaga penggerak dan listrik, serta pasokan air dan oksigen yang mendukung kehidupan.

Kontrak yang diteken kemarin Selasa (2 Februari 2021) antara Badan Antariksa Eropa (ESA) dan Airbus membuat jumlah total sekarang menjadi enam. Semua European Service Modules (ESMs) digunakan pada misi Artemis NASA. (Baca: Ilmuwan temukan Mineral Mars Terpendam di Dalam Es Antartika)

Artemis merupakan proyek lanjutan Apollo yang akan membawa astronot kembali berjalan di Bulan, serta mengoperasikan stasiun di orbit bulan yang disebut Gateway. Untuk pembatan modul tersebut, Airbus dan ESA mendapat kontrak senilai lebih dari USD 790 juta.

ESA Teken Kontrak Pembuatan Modul Orion untuk Misi NASA ke Bulan


ESM dirakit di Bremen, Jerman, sebelum dikirim ke Kennedy Space Center di Florida untuk diintegrasikan dengan kapsul awak itu sendiri. Kendaraan gabungan tersebut dirancang untuk diluncurkan dengan roket baru yang besar yang disebut Space Launch System (SLS).

Saat ini, roket baru sedang menjalani pengujian akhir, termasuk "tembakan statis" kedua dan mesinnya akhir bulan ini. Penembakan pertama, dilakukan pada bulan Januari, dibatalkan lebih awal ketika sensor mendeteksi parameter kerusakan pada sistem hidrolika inti. (Baca juga: Pantas Dingin, Musim Hujan Diperkirakan hingga Pertengahan 2021)

Jika tes ini sukses, itu akan membuka jalan bagi SLS untuk diluncurkan sebelum akhir tahun untuk misi Artemis-1. PAda misi ini, akan dikirim versi Orion / ESM tanpa awak di sekitar Bulan.

Sedangkan Artemis-2 akan kembali dikirim dengan astronot di dalamnya. Artemis-3 adalah misi utama yang akan membawa manusia kembali ke permukaan bulan.

Modul layanan Eropa pertama terintegrasi dengan Artemis-1 Orion yang sedang tahap akhir persiapannya untuk penerbangan. Modul layanan kedua akan meninggalkan Bremen menuju KSC. Yang ketiga, untuk semua misi penting Artemis-3, baru saja mulai melengkapi di pabrik Jerman.

ESA Teken Kontrak Pembuatan Modul Orion untuk Misi NASA ke Bulan


"Modul layanan Eropa adalah kendaraan pertama yang dibangun Eropa menuju luar angkasa utama oleh mitra internasional kami, NASA ," kata astronot ESA, Alexander Gerst, yang berharap suatu hari dapat berjalan di Bulan. (Baca juga: Punya Lidah Emas, Mumi Mesir Ini Dianggap Bisa Bicara dengan Dewa)

Mereka, kata Gerst, mengizinkan kami untuk berkontribusi dengan mengetahui bahwa jika kami gagal, program tersebut akan gagal. "Itu adalah tantangan besar buat kami. Itu berarti industri dan kemampuan luar angkasa Eropa dalam beberapa dekade terakhir telah terbukti dapat dipercaya," katanya.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1302 seconds (0.1#10.140)