Biden Lanjutkan Ambisi Trump Daratkan Astronot Artemis ke Bulan

Jum'at, 05 Februari 2021 - 10:54 WIB
loading...
Biden Lanjutkan Ambisi Trump Daratkan Astronot Artemis ke Bulan
Presiden Joe Biden menegaskan akan melanjutkan program pendaratan manusia ke Bulan seperti yang dicita-citakan Donald Trump. Foto/NASA
A A A
WASHINGTON - Dalam program 100 hari pertama Pemerintahan Biden , dia berjanji melanjutkan ambisi Donald Trump untuk mencatat sejarah penerbangan luar angkasa terbesar. Yakni, mendaratkan manusia ke Bulan melalui program Artemis.

Sekretaris Pers Gedung Putih Jen Psaki, mengatakan, Kamis (4/2/2021), Presiden Joe Biden akan melanjutkan program Artemis untuk mendaratkan manusia di Bulan di tahun-tahun mendatang. Artemis dimulai di bawah pendahulu Biden, Presiden AS Donald Trump.

"Melalui program Artemis, Pemerintah Amerika Serikat akan bekerja dengan industri dan mitra internasional untuk mengirim astronot ke permukaan Bulan," kata Psaki kepada wartawan dalam konferensi pers Gedung Putih.

“Tentu, kami mendukung upaya dan ikhtiar ini (mendaratkan astronot Artemis ke Bulan),” tambahnya.

Komentar Psaki, yang merupakan jawaban atas pertanyaan seorang reporter, tidak menyebutkan target NASA pada tahun 2024 untuk pendaratan pertama di Bulan oleh Artemis, sebuah tenggat waktu yang ditetapkan oleh Pemerintahan Trump. Tahun lalu, upaya bipartisan di Dewan Perwakilan AS berusaha untuk mendorong misi pendaratan itu hingga 2028, sejalan dengan tujuan NASA sebelumnya.

NASA akhirnya bertahan dengan tenggat waktu 2024 untuk saat ini, tapi tahun ini ada Presiden AS yang baru serta penjabat administrator NASA baru, Steve Jurczyk, yang mengambil kendali badan itu dua pekan lalu.

Seperti yang dicatat Psaki, NASA berniat mencapai tujuan Artemis dengan bantuan industri dan mitra internasional, termasuk Badan Antariksa Eropa dan Badan Antariksa Kanada. Dalam komentarnya, dia juga menyebutkan tujuan NASA untuk menghasilkan sains baru dalam upaya tersebut.

Referensi Psaki untuk "pria dan wanita lain" di bulan menggemakan bahasa yang sering digunakan oleh mantan kepala NASA Jim Bridenstine di acara media beberapa tahun terakhir.

Space.com mencatat, 12 orang telah berjalan di Bulan selama program Apollo NASA antara tahun 1969 dan 1972. Mereka semua adalah laki-laki.

"Program Artemis, sebuah waypoint ke Mars, memberikan kesempatan yang tepat untuk menambahkan angka ke sana," kata Psaki tentang jumlah moonwalker.

NASA sendiri memandang Artemis sebagai batu loncatan menuju misi Planet Merah berawak, yang direncanakan oleh badan tersebut untuk mulai terbang pada 2030-an. "Eksplorasi Bulan memiliki dukungan luas dan bikameral di Kongres," imbuhnya.

Pada Desember lalu, sebelum Biden menjabat, NASA menunjuk "tim Artemis" yang terdiri dari 18 astronot yang memenuhi syarat untuk tugas penerbangan, termasuk penerbangan Artemis 2 di sekitar bulan yang saat ini dijadwalkan pada 2023, misi pendaratan Artemis 3 yang dijadwalkan tahun 2024, dan masa depan peluang di Artemis.

Untuk diketahui, Artemis 1, yang dijadwalkan diluncurkan akhir tahun ini, akan menjadi uji terbang tanpa awak di sekitar Bulan.

Astronot NASA Anne McClain, anggota tim Artemis, menimpali pernyatan Psaki di Twitter, "Kami akan siap."

Pemerintahan Trump mengumumkan target pendaratan di Bulan 2024 pada Maret 2019, dengan Wakil Presiden saat itu Mike Pence menekankan pendaratan cepat diperlukan karena AS sedang dalam "perlombaan luar angkasa" dengan China dan Rusia. Kata-katanya menggemakan apa yang oleh para sejarawan terkadang disebut "perlombaan antariksa" era 1960-an, ketika NASA dan Uni Soviet mengirim beberapa misi pertama manusia ke luar angkasa.

Pada Juli 2019, empat bulan setelah pengumuman tenggat waktu 2024, NASA melihat perombakan besar dalam kepemimpinan luar angkasa manusianya untuk mengatasi masalah biaya dan jadwal dengan Artemis.

"Kami sedang bergerak ke era baru dalam penerbangan luar angkasa manusia di mana pemerintah tertarik untuk bergerak cepat, kami tertarik untuk melakukan berbagai hal dengan cara yang berbeda, dan saya percaya penting untuk memiliki kepemimpinan baru di puncak Eksplorasi Manusia. dan Direktorat Misi Operasi," kata Bridenstine pada Juli 2019. "Saya hanya berpikir ini penting untuk membuat keputusan ini, buat perubahan ini sekarang."

Beberapa hari setelah reorganisasi kepemimpinan, Bridenstine mengatakan kepada Space.com bahwa keselamatan akan menjadi yang terpenting bahkan dengan akselerasi. "Ketahuilah, NASA sama sekali tidak berniat mengurangi keselamatan ketika harus mencapai tujuan," katanya. "Saya ingin mendapatkannya kembali ke hari di mana kami memiliki rencana biaya dan jadwal yang realistis dan kami memenuhi rencana itu."

Namun tenggat waktu 2024 masih memberi tekanan pada NASA untuk menyiapkan banyak sistem utama -tidak terkecuali roket Sistem Peluncuran Luar Angkasa, yang masih menjalani pengujian akhir yang tertunda bulan ini sebelum pengirimannya ke Florida untuk misi Artemis 1 akhir 2021.

Badan tersebut juga mencoba menyelesaikan komponen seperti pakaian antariksa dan pendarat manusia dengan aman. Di akhir masa jabatannya, Bridenstine mengatakan pendanaan penuh untuk sistem pendaratan manusia NASA akan dibutuhkan untuk mencapai pendaratan di Bulan pada 2024.

Sebelum pengumuman batas waktu pendaratan di bulan 2024, NASA telah merencanakan upaya pendaratan di bulan 2028 sejalan dengan Arahan Kebijakan Antariksa 1 yang berorientasi Bulan, yang ditandatangani Presiden Donald Trump pada Desember 2017. Tapi "itu belum cukup," kata Pence dalam pertemuan kelima Dewan Antariksa Nasional pada Maret 2019, saat mengumumkan batas waktu 2024. "Kami lebih baik dari itu."
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1228 seconds (0.1#10.140)