Giliran Hope Probe UEA Mengirimkan Gambar Pertama Mars yang Menakjubkan

Senin, 15 Februari 2021 - 11:29 WIB
loading...
Giliran Hope Probe UEA Mengirimkan Gambar Pertama Mars yang Menakjubkan
Foto/Twitter
A A A
ABU DHABI - Badan Antariksa Uni Emirat Arab pada hari Minggu 14 Desember 2021 merilis foto pertama Mars, yang diambil oleh pesawat ruang angkasa Hope Probe .

"Transmisi gambar Mars pertama dari Hope Probe adalah momen yang menentukan dalam sejarah kami dan menandai UEA bergabung dengan negara-negara maju yang terlibat dalam eksplorasi ruang angkasa," kata Sheikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan di akun Twitternya. (Baca: UEA Sebut Pesawat Luar Angkasa Hope Sudah Masuki Orbit Mars)

Pada hari Selasa 9 Februari 2021, misi UEA menjadi yang pertama dari negara Arab yang mencapai planet merah. Padahal pakar luar angkasa memperkirakan, misi ruang angkasa yang akan memasuki orbit Mars hanya memiliki peluang keberhasilan sekitar 50 persen.

Hope Probe membutuhkan waktu sekitar tujuh bulan untuk mencapai Mars. Badan UEA merencanakan untuk mengorbit planet merah selama satu tahun Mars penuh untuk mempelajari atmosfer planet tersebut.

Gambar pertama yang dikirim dari Hope Probe UEA ditangkap dari 25.000 km di atas permukaan planet, menurut badan tersebut. (Baca juga: Waspada, Ini Penyebab Cuaca Ekstrim di Indonesia)

UAE Hope Probe adalah salah satu dari tiga pesawat luar angkasa yang akan mencapai planet merah bulan ini. Pesawat Tianwen-1 China, yang membagikan foto Mars pertamanya pada 5 Februari, tiba sehari setelah penjelajahan UEA. Pesawat penjelajah Perseverance NASA dijadwalkan mendarat di planet itu Kamis depan.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3143 seconds (0.1#10.140)