Ilmuwan Ciptakan Robot yang Bisa Berlari seperti Cheetah

Senin, 18 Mei 2020 - 00:02 WIB
loading...
Ilmuwan Ciptakan Robot yang Bisa Berlari seperti Cheetah
Terinspirasi oleh biomekanik cheetah, para peneliti telah mengembangkan robot lunak jenis baru yang dapat bergerak di darat dan di air lebih cepat. Kredit: Jie Yin, NCSU
A A A
LONDON - Para peneliti di Universitas Negeri Carolina Utara (NCSU) Amerika Serikat (AS) telah mengembangkan jenis robot baru. Mereka menciptakan robot lunak yang mampu bergerak lebih cepat di permukaan padat (darat) maupun di dalam air.

Robot satu ini memiliki perbedaan yang signifikan dengan robot lunak generasi sebelumnya. Para peneliti menciptakan robot lunak yang mampu meraih sebuah benda dengan hati-hati atau dengan kekuatan yang cukup ekstra untuk mengangkat berat.

Robot gerak cepat ini terinspirasi oleh biomekanik cheetah. Cheetah merupakan kucing besar di alam liar yang mampu berlari hingga 105km/jam. Inilah yang membuat cheetah dijuluki sebagai hewan tercepat didunia.

"Cheetah adalah makhluk tercepat di darat dan mereka memperoleh kecepatan serta kekuatan dari pembengkokan tulang mereka (saat lari)," kata Jie Yin, asisten profesor teknik mesin dan kedirgantaraan di NCSU, dikutip dari Techxplore.

Yin dan para peneliti lain terinspirasi oleh Cheeta untuk menciptakan sejenis robot lunak yang memiliki tulang pegas atau bistable. Artinya, robot lunak yang dibuat harus memiliki dua keadaan stabil saat tulangnya berubah bentuk secara seketika.

Yin menjelaskan bahwa ada dua kondisi berbeda yang harus diselaraskan, seperti pemindahan antara kondisi stabil dengan kondisi saat memompa udara ke saluran lapisan yang lembut atau silikon robot. Pemindahan di antara dua kondisi ini akan melepaskan sejumlah besar energi yang dapat menyebabkan robot mengerahkan kekuatan ke tanah dengan cepat.

"Ini memungkinkan robot untuk berpacu melintasi permukaan, artinya kakinya meninggalkan tanah," tambahnya.

Para peneliti sebelumnya telah membuat robot lunak yaitu Crawler. Pergerakan dan kecepatan robot ini masih dibatasi sehingga kaki-kakinya masih bersentuhan dengan tanah setiap saat.

Hingga saat ini, robot lunak tercepat di dunia hanya dapat bergerak dengan kecepatan hingga 0,8 panjang tubuhnya per detik. Gerakan itupun hanya dapat dilakukan di permukaan yang rata dan padat.

Para peneliti NCSU membuat kelas baru robot lunak yang disebut dengan Leveraging Elastic instability for Amplified Performance atau LEAP. LEAP mampu bergerak dengan kecepatan hingga 2,7 panjang tubuhnya per detik pada frekuensi aktuasi rendah sekitar 3Hz. Artinya, ini bergerak tiga kali lebih cepat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1796 seconds (0.1#10.140)