Mengenal Kawah Jezero, Lokasi Pendaratan dan Penjelajahan Perseverance

Selasa, 16 Februari 2021 - 21:10 WIB
loading...
A A A
Berbagai aspek daya tarik Jezero bagi para ilmuwan. Delta itu sendiri menarik karena ini berarti sungai-sungai kuno mengalir ke danau dan mungkin menyimpan bahan organik dan tanda-tanda kehidupan potensial lainnya ke danau dari daerah lain. Delta dan dasar danau dapat mengawetkan sedimen berlumpur yang mengunci bukti kehidupan purba atau bahan organik lainnya. Batasan antara tanah dan air juga menjadi tempat kunci untuk mencari bukti kehidupan lampau.

Meskipun ada danau kuno dan situs delta lainnya di Mars , Jezero memiliki endapan mineral khusus yang membuatnya sangat menarik dari perspektif sains - terutama untuk misi yang bertujuan mengumpulkan sampel Mars dan mengembalikannya ke Bumi pada tahun 2030-an.

Mengenal Kawah Jezero, Lokasi Pendaratan dan Penjelajahan Perseverance


"Endapan mineral ini, yang disebut karbonat, ada di seluruh kawah tetapi mereka juga membentuk fitur yang disamakan dengan cincin bak mandi di sekitar bagian dalam kawah dan menghadap tepi di belakang delta sungai," kata Horgan. (Baca juga: Astronom Mencari Polusi di Ruang Angkasa untuk Memburu Keberadaan Alien)

Karbonat biasa terjadi di Bumi dan terbentuk karena interaksi air dan batuan. Cincin ini dianggap sesuai dengan garis pantai kuno atau pantai danau, tempat air menguap untuk membuat mineral. "Ada kemungkinan danau itu pernah memiliki pantai berpasir putih yang indah," kata Horgan.

Hogan mengatakan, misi ini bisa menjadi satu-satunya kesempatan ilmuwan untuk melakukan pencarian yang sangat rinci untuk kehidupan purba di Mars. Selanjutnya, mempelajari lebih lanjut tentang sejarah Mars dan bahkan mendapatkan wawasan tentang tata surya dan Bumi kita.

Sebelum Mars kehilangan sebagian besar atmosfernya ke luar angkasa, yang masih coba dipahami oleh para ilmuwan, planet tersebut kemungkinan memiliki atmosfer yang tebal. Karbon dioksida di udara, bersama dengan air di tanah, akan membentuk karbonat yang ingin diselidiki oleh tim penjelajah.
(ysw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1151 seconds (0.1#10.140)