Ada Kode Rahasia di Parasut Perseverances, Apakah Pesan untuk Alien?

Kamis, 25 Februari 2021 - 22:32 WIB
loading...
Ada Kode Rahasia di Parasut Perseverances, Apakah Pesan untuk Alien?
Parasut The Perseverance Rover berisi kode biner rahasia dengan garis merah dan putihnya. Foto: NASA/JPL
A A A
JAKARTA - Parasut yang menurunkan penjelajah Perseverances saat mendarat di Mars ternyata menyimpan kode rahasia. Ilmuwan NASA telah mengonfimasi kode rahasia tersebut dalam konferensi pers beberapa hari lalu.

Ketika penjelajah Perseverance NASA mengembangkan parasutnya selama ke Planet Merah pada 18 Februari, parasut itu menunjukkan kode rahasia garis-garis merah-putih. (Baca: Ilmuwan Ciptakan Alat Pelacak Keberadaan Air di Bulan)

Garis-garis yang membentuk pola lingkaran konsentris yang tampaknya acak, sebenarnya mengeja pesan yang ditulis dalam kode komputer biner. Adam Steltzner, kepala teknisi Perseverance, mengungkapkan di Twitter setelah kode tersebut dipecahkan Senin 21 Februari 2021 malam.

Setiap untaian garis merah-putih mewakili satu huruf. Ketika dibaca searah jarum jam dari cincin parasut bagian dalam ke cincin terluar, huruf-huruf tersebut berbunti, "Dare Mighty Things." Kode tersebut sebenarnya merupakan slogan dari Jet Propulsion Laboratory (JPL) dan telah menjadi moto NASA selama bertahun-tahun.

Takj hanya itu, cincin terluar parasut juga mengungkapkan kordinat kantor Pusat JPL California. Jika dibaca, koordinatnya 34 ° 11'58 "LU x 118 ° 10'31" W. (Baca juga: Fosil Ikan Purba Berusia 66 Juta Tahun Ditemukan di Maroko)

Allen Chen selaku Leader of Entry, Descent and Landing with Perseverance mengatakan, menantang publik untuk menemukan pesan rahasia tersebut. "Selain memungkinkan ilmu pengetahuan yang luar biasa, kami berharap upaya kami di bidang teknik kami dapat menginspirasi orang lain," kata Chen, seperti dilansir The Verge.

Chen kemudian mengatakan kepada The Verge bahwa kemungkinan ada lebih banyak kode dan pesan rahasia yang disembunyikan di dalam Perseverance, yang sebagian besar tidak akan pernah diketahui. "Bahkan oleh saya," katanya.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3110 seconds (0.1#10.140)