Rusia Luncurkan Satelit Baru untuk Memantau Iklim di Kutub Utara

Senin, 01 Maret 2021 - 15:29 WIB
loading...
Rusia Luncurkan Satelit Baru untuk Memantau Iklim di Kutub Utara
Rusia meluncurkan satelit antariksa Arktika-M pada Minggu 28 Februari 2021 dalam misi untuk memantau iklim dan lingkungan di Kutub Utara. FOTO/Reuters
A A A
MOSKOW - Rusia meluncurkan satelit antariksa Arktika-M pada Minggu 28 Februari 2021 dalam misi untuk memantau iklim dan lingkungan di Kutub Utara di tengah desakan Kremlin untuk memperluas aktivitas negara di wilayah tersebut.

Dikutip dari Reuters , Kutub Utara telah menghangat lebih dari dua kali lebih cepat dari rata-rata global selama tiga dekade terakhir dan Moskow berusaha untuk mengembangkan wilayah kaya energi, berinvestasi di Rute Laut Utara untuk pengiriman melintasi sisi utara yang panjang saat es mencair. (Baca: Belasan Asteroid Menakutkan Ini Sejak 2020 Sudah Diawasi Ketat)

"Satelit berhasil mencapai orbit yang diinginkan setelah diluncurkan dari kosmodrom Baikonur Kazakhstan oleh roket Soyuz," kata Dmitry Rogozin, kepala badan antariksa Roscosmos Rusia , dalam sebuah posting di Twitter.

Rusia berencana mengirim satelit kedua pada 2023 dan, jika digabungkan, keduanya akan menawarkan pemantauan sepanjang waktu, segala cuaca di Samudra Arktik dan permukaan Bumi.

Arktika-M akan memiliki orbit yang sangat elips yang melewati garis lintang utara yang memungkinkannya untuk memantau wilayah utara untuk waktu yang lama sebelum kembali ke bawah Bumi. (Baca juga: Satelit NASA Menangkap Garis-garis Misterius di Pegunungan Rusia Utara)

Di orbit kanan, satelit akan dapat memantau dan mengambil gambar setiap 15-30 menit dari Kutub Utara, yang tidak dapat terus diamati oleh satelit yang mengorbit di atas ekuator Bumi, kata Roscosmos.

Satelit juga akan dapat mengirimkan kembali sinyal bahaya dari kapal, pesawat atau orang-orang di daerah terpencil sebagai bagian dari program pencarian dan penyelamatan berbasis satelit Cospas-Sarsat internasional.

“Karena lebih banyak aktivitas terjadi di Kutub Utara dan saat bergerak ke lintang yang lebih tinggi, meningkatkan kemampuan prakiraan cuaca dan es sangat penting,” kata Mia Bennett, seorang ahli geografi di Universitas Hong Kong. (Baca juga: Apa Saja Fenomena Langit yang Akan Muncul Tahun Ini, Yuk Catat Tanggalnya)

Ada juga elemen nasionalisme data yang mendorong semua ini. Negara-negara, terutama yang melihat diri mereka sebagai kekuatan luar angkasa, ingin dapat mengandalkan satelit dan data mereka sendiri untuk menginformasikan aktivitas mereka, baik yang bersifat komersial maupun militer.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0961 seconds (0.1#10.140)