RI Mau Beli Jet Tempur Rafale Prancis, Kemampuan Perangnya Sip!

Minggu, 07 Maret 2021 - 20:19 WIB
loading...
RI Mau Beli Jet Tempur Rafale Prancis, Kemampuan Perangnya Sip!
Jet tempur Rafale Generasi 4.5 tergolong canggih karena bisa melesat dengan kecepatan hampir dua kali lipat kecepatan suara. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Indonesia berencana membeli 36 jet tempur Rafale dan 8 unit F-15EX . Kemampuan tempur F-15EX telah kita bahas sebelumnya dan sekarang giliran kemampuan perang dari Rafael.

Jet tempur Rafale merupakan pesawat perang berkemampuan canggih yang dibanggakan Prancis. Jika Inggris punya Tornado, maka Prancis bangga dengan Rafale.
RI Mau Beli Jet Tempur Rafale Prancis, Kemampuan Perangnya Sip!

Mengutip sejumlah sumber, jet tempur Rafale Generasi 4.5 tergolong canggih karena bisa melesat dengan kecepatan hampir dua kali lipat kecepatan suara, dengan kecepatan tertinggi 1,8 Mach. Unit dilengkapi kemampuan multi-peran, termasuk peperangan elektronik, pertahanan udara, dukungan darat, dan serangan mendalam, sehingga Rafale bisa memberikan keunggulan udara kepada TNI Angkatan Udara.

Rafale sendiri telah terbukti dalam berbagai medan pertempuran. Jet tempur ini pernah digunakan oleh Angkatan Udara Prancis untuk misinya di Afghanistan, Libya, dan Mali.

Rafael juga telah digunakan untuk misi di Republik Afrika Tengah, Irak, dan Suriah. Pesawat juga bisa membawa lebih banyak bahan bakar dan senjata dibandingkan jet tempur generasi kelima.
RI Mau Beli Jet Tempur Rafale Prancis, Kemampuan Perangnya Sip!

Setiap unit dibekali 14 stasiun penyimpanan senjata. Jet tempur Rafael terbang dengan rudal udara-ke-udara, Meteor, yang paling canggih. Rudal seberat 190 kg ini memiliki Beyond Visual Range (BVR) lebih dari 100 km, dan melaju dengan kecepatan tertinggi 4 Mach.

Sebagai perbandingan, jet tempur F16, membawa rudal AMRAAM, yang memiliki BVR 75 km. Rafale juga diklaim bisa mengungguli F16 dalam dogfights.

Jet Rafale dilengkapi SCALP, rudal jelajah udara-ke-darat dengan jangkauan lebih dari 300 km. Ini adalah rudal serangan dalam jarak jauh.

Rudal udara-ke-udara MICA di Rafale merupakan senjata ampuh dalam pertempuran udara jarak dekat, dan untuk BVR. Rafael juga bisa dilengkapi HAMMER (Highly Agile and Manoeuvrable Munition Extended Range), peluru kendali presisi udara-ke-darat yang diproduksi oleh Prancis. Rudal efektif menargetkan objek sasaran yang diperkuat setipe bunker di dalamn tanah dengan jangkauan 70 km.

Spesifikasi Dasar Rafale:
- Rentang sayap: 10,90 m
- Panjang: 15,30 m
- Tinggi: 5,30 m
- Berat kosong keseluruhan: 10 ton
- Beban eksternal: 9,5 ton
- Max. berat lepas landas: 24,5 ton
- Bahan bakar (internal): 4,7 ton
- Bahan bakar (eksternal): hingga 6,7 ton
- Jarak jelajah: 3.700 km
- Kecepatan Tertinggi: 1,8 Mach di ketinggian
- Landasan pendaratan: 450 m (1.500 kaki)
- Layanan terbang: 50.000 kaki
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1309 seconds (0.1#10.140)