Ini yang Terjadi Pada Bumi Jika Oksigen Habis dan Matahari Mati

Selasa, 09 Maret 2021 - 15:00 WIB
loading...
A A A
Pada saat waktu oksigen di Bumi menipis, ini akan menjadi akhir bagi kehidupan manusia dan sebagian besar bentuk kehidupan lain yang bergantung pada oksigen untuk hidup.

Untuk mencapai kesimpulan para peneliti menjalankan model rinci dari biosfer bumi, memperhitungkan perubahan kecerahan Matahari dan penurunan yang sesuai dalam tingkat karbon dioksida, karena gas tersebut rusak dengan meningkatkan tingkat panas.

Lebih sedikit karbon dioksida berarti lebih sedikit organisme fotosintesis seperti tumbuhan, yang akan menghasilkan lebih sedikit oksigen.

Para ilmuwan sebelumnya telah memperkirakan bahwa peningkatan radiasi dari Matahari akan menghapus air laut dari permukaan planet kita dalam waktu sekitar 2 miliar tahun, tetapi model baru - berdasarkan rata-rata di bawah 400.000 simulasi - mengatakan pengurangan oksigen akan mematikan.

"Penurunan oksigen sangat, sangat ekstrim. Kita berbicara tentang oksigen yang jutaan kali lebih sedikit daripada yang ada saat ini," kata ilmuwan Bumi Chris Reinhard, dari Institut Teknologi Georgia.

Apa yang membuat penelitian ini sangat relevan hingga saat ini adalah pencarian planet layak huni di luar Tata Surya.

Teleskop yang semakin kuat mulai aktif dan para ilmuwan ingin mengetahui apa yang seharusnya mereka cari dalam kumpulan data yang dikumpulkan instrumen ini.

Sementara, seperti kebanyakan benda di luar angkasa, Matahari pun memiliki masa hidup yang terbatas, dan suatu saat matahari kita akan mati.

Kendati demikian manusia tidak perlu khawatir tentang kematian matahari ini dalam waktu dekat. Di dalam matahari, mesin fusi yang berputar mengisi bahan bakar bintang masih memiliki banyak bahan bakar yang tersisa, bernilai sekitar 5 miliar tahun, sebagaimana dilaporkan oleh laman Space beberapa waktu lalu.

Tapi dalam waktu sekitar 5 miliar tahun, matahari akan kehabisan hidrogen. Bintang kita saat ini berada dalam fase paling stabil dari siklus hidupnya yang telah terjadi sejak kelahiran tata surya kita, sekitar 4,5 miliar tahun yang lalu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3641 seconds (0.1#10.140)