Sambaran Petir Telah Memicu Kehidupan di Bumi Awal

Jum'at, 19 Maret 2021 - 07:28 WIB
loading...
Sambaran Petir Telah Memicu Kehidupan di Bumi Awal
Sebuah studi baru menunjukkan, seiring waktu, petir bisa membuka fosfor yang diperlukan untuk pembentukan biomolekul yang akan menjadi dasar kehidupan di Bumi. Foto/Science Focus
A A A
JAKARTA - Sambaran petir yang terjadi lebih dari satu miliar tahun lalu mungkin telah memberikan percikan kehidupan bagi Bumi awal, menurut para peneliti di Universitas Yale.

Sebuah studi baru menunjukkan, seiring waktu, petir bisa membuka fosfor yang diperlukan untuk pembentukan biomolekul yang akan menjadi dasar kehidupan di planet ini. Meskipun fosfor diperlukan untuk pembentukan kehidupan, fosfor tidak mudah diakses di awal Bumi karena terkunci erat di dalam mineral tak larut di permukaan planet.

Para ilmuwan telah lama bertanya bagaimana fosfor Bumi menjadi bentuk yang dapat digunakan untuk membantu menciptakan DNA, RNA, dan biomolekul lain yang dibutuhkan untuk kehidupan.

Laman Science Focus menyebutkan, para peneliti pertama kali melihat meteorit, dengan gagasan bahwa meteorit mengandung mineral fosfor schreibersite -yang larut dalam air- dan menabrak permukaan bumi dengan frekuensi yang cukup untuk menciptakan kondisi yang diperlukan bagi kehidupan biologis.

Namun, teori ini memiliki satu kelemahan utama - selama periode ketika kehidupan diperkirakan telah dimulai, antara 3,5 hingga 4,5 miliar tahun yang lalu, jumlah meteorit yang menghantam Bumi diketahui telah anjlok.

Namun, ada kemungkinan lain. Schreibersite juga dapat ditemukan dalam gelas tertentu yang disebut fulgurites. Ini terbentuk saat petir menyambar tanah.

Gelas ini mengandung sebagian fosfor dari batuan permukaan, tetapi dalam bentuk yang dapat larut. Menggunakan teknik pemodelan komputer yang canggih, Benjamin Hess, mahasiswa pascasarjana di Departemen Ilmu Bumi dan Planet Yale dan kolaborator Prof Sandra Piazolo dan Dr Jason Harvey dari Universitas Leeds, memperkirakan, awal Bumi melihat antara satu hingga lima miliar kilatan petir setiap tahun. Di zaman modern ada sekitar 560 juta kilatan per tahun.

Dari kilatan awal itu, antara 100 juta hingga satu miliar akan menghantam tanah setiap tahun. Selama periode satu miliar tahun, tidak diragukan lagi, ini akan menghasilkan satu triliun, cukup untuk menghasilkan sejumlah besar fosfor yang dapat digunakan.

Selain itu, ungkap peneliti, jumlah sambaran petir tahunan akan tetap konstan, tidak seperti jumlah tabrakan meteorit, dan akan paling umum terjadi pada daratan di daerah tropis, menyediakan lebih banyak daerah terkonsentrasi dari fosfor yang dapat digunakan.

“Pekerjaan ini membantu kita memahami bagaimana kehidupan mungkin terbentuk di Bumi dan bagaimana ia masih bisa terbentuk di planet lain yang mirip Bumi,” kata Hess.
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2532 seconds (0.1#10.140)