Ilmuwan Australia Membuktikan Tidak Ada Potensi 5G Membahayakan Manusia

Sabtu, 20 Maret 2021 - 14:07 WIB
loading...
Ilmuwan Australia Membuktikan Tidak Ada Potensi 5G Membahayakan Manusia
Foto/AFP
A A A
JAKARTA - Ilmuwan Australia mementahkan anggapan potensi bahaya teknologi 5G terhadap manusia melalui dua metode penelitian yang mereka lakukan. Keduanya tidak menemukan bukti yang jelas bahwa jenis energi frekuensi radio yang digunakan oleh jaringan seluler 5G menimbulkan bahaya bagi kesehatan manusia.

Jaringan 5G adalah generasi berikutnya dari komunikasi nirkabel yang memungkinkan kecepatan meebihi latensi yang lebih rendah daripada LTE. Meskipun kita sudah melihatnya beraksi pada ponsel 5G, perlu waktu bertahun-tahun sebelum potensi 5G untuk mengubah industri menjadi kenyataan. (Baca: Pemerintah Percepat Inisiatif Alokasi Spektrum Khusus 5G)

Dikutip dari Gizmodo , Bukti risiko kesehatan apa pun dari ponsel kita saat ini tidak terlalu kuat, tetapi masih menjadi sesuatu yang diawasi oleh para ilmuwan. Secara khusus, ada banyak penelitian di laboratorium dan pada hewan yang mencoba mencari tahu bagaimana berbagai tingkat energi frekuensi radio dapat memengaruhi tubuh, termasuk jenis energi yang akan dipancarkan oleh jaringan 5G .

Kedua makalah baru tersebut merupakan hasil karya peneliti dari Badan Perlindungan Radiasi dan Keselamatan Nuklir Australia (ARPANSA) dan Universitas Teknologi Swinburne di Australia. Keduanya diterbitkan minggu ini di Journal of Exposure Science and Environmental Epidemiology dan disebut sebagai ulasan pertama yang berfokus pada 5G secara khusus.

Selain melihat eksperimen pada hewan dan laboratorium, satu ulasan juga menganalisis studi epidemiologi radar, yang menggunakan jenis RF yang sama yang diharapkan dapat diandalkan oleh 5G. Kesimpulan mereka, berdasarkan tinjauan data dari lebih dari 100 penelitian. (Baca juga: Ilmuwan Ini Menjelaskan Apa yang Terjadi Ketika Manusia Mati)

“Kesimpulannya, tinjauan dari semua studi tidak memberikan bukti yang kuat bahwa gelombang radio tingkat rendah, seperti yang digunakan oleh jaringan 5G , berbahaya bagi kesehatan manusia,” kata Ken Karipidis, asisten direktur penilaian dan saran di ARPANSA.

Tinjauan kedua, yang berfokus pada energi RF yang akan digunakan 5G, juga tidak menemukan hubungan antara tingkat paparan MMW yang rendah dan efek kesehatan. Menurut para peneliti, kedua temuan tersebut hanyalah bukti bahwa ponsel memancarkan tingkat RF jauh di bawah ambang batas keamanan.

Beberapa penelitian menemukan efek biologis yang masuk akal dari jenis paparan RF ini. Namun yang terpenting, studi ini biasanya tidak direplikasi oleh eksperimen lain yang serupa. Secara keseluruhan, sebagian besar studi yang mereka ulas dianggap berkualitas rendah. (Baca juga: PIndahkan Badak dengan Cara Digantung di Helikopter, Ini Penjelasan Peneliti)

Meski begitu, ulasan ini tidak akan menjadi kata terakhir untuk memeriksa keamanan teknologi 5G dan radiasi ponsel secara umum. Dan para peneliti berharap pekerjaan mereka akan membantu memperkuat penelitian yang sedang berlangsung.

“Kami merekomendasikan bahwa studi eksperimental masa depan memperbaiki desain mereka dengan perhatian khusus pada dosimetri dan kontrol suhu. Studi epidemiologi di masa depan terus memantau efek kesehatan jangka panjang pada populasi yang terkait dengan telekomunikasi nirkabel ini,” kata Karipidis.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2426 seconds (0.1#10.140)