Ilmuwan Membuktikan Ujung Jari Manusia Merupakan Area yang Sangat Sensitif

Senin, 22 Maret 2021 - 10:09 WIB
Ilmuwan Membuktikan Ujung Jari Manusia Merupakan Area yang Sangat Sensitif
Sebuah studi baru telah mengungkapkan betapa reseptifnya neuron sensorik di jari-jari manusia. Bidang reseptif yang diproyeksikan pada sidik jari. Foto/Jarocka/J. Neurosci/Science Alert
JAKARTA - Kulit merupakan organ terbesar dalam tubuh manusia yang menyelimuti manusia dari ujung kepala hingga ujung kaki dan memungkinkan kita menyentuh, merasakan, dan berinteraksi dengan dunia luar. Namun ada ada satu bagian kulit yang lebih sensitif bahkan untuk mengenali benda di sekitar kita.

Sebuah studi baru telah mengungkapkan betapa reseptifnya neuron sensorik di jari-jari manusia. Bahkan kita dapat mendeteksi sentuhan pada skala yang sangat kecil dari satu kulit di ujung jari. (Baca: Arkeolog Temukan BH Berusia 5 Abad, Netizen Gempar)

"Anda akan berharap bahwa satu punggungan papiler (sidik jari) akan memainkan peran, tetapi belum pernah diperlihatkan sebelumnya," kata Ewa Jarocka, salah satu penulis studi dari Universitas Umeå di Swedia kepada The Guardian.

Neuron sensorik yang menempel pada reseptor bertitik tepat di bawah permukaan kulit, memungkinkan kita mendeteksi sentuhan, getaran, tekanan, nyeri, dan banyak lagi. Tangan kita sendiri mengandung puluhan ribu neuron, masing-masing dengan reseptor di area permukaan kecil kulit, yang disebut medan reseptif.

Untuk memetakan bidang-bidang ini, para peneliti memeriksa 12 orang sehat dengan alat khusus yang didesain ilmuwan. Sebuah mesin kemudian menggerakkan kerucut kecil selebar 0,4 milimeter dengan jarak sekitar 7 mm di seluruh kulit dan tim merekam respons setiap neuron menggunakan elektroda di lengan peserta. (Baca juga: Cegah Kejahatan Terulang, Residivis Akan Dipasangi Gelang GPS)

Secara khusus, mereka memetakan zona yang lebih sensitif yang dikenal sebagai subbidang dalam bidang reseptif ini. Dengan menghitung area deteksi neuron sensorik dan memetakannya ke sidik jari, tim menemukan bahwa lebar area deteksi setara dengan lebar satu punggungan sidik jari.

Subbidang ini juga tidak bergerak saat mesin memutar titik-titik lebih cepat atau lebih lambat, atau mengubah arah, menunjukkan bahwa area sensitif ini berlabuh ke bagian sidik jari itu sendiri.

"Kami melaporkan bahwa sensitivitas pengaturan subbidang untuk kedua jenis neuron rata-rata sesuai dengan periode spasial 0,4 mm dan memberikan bukti bahwa selektivitas spasial subbidang muncul karena organ reseptor yang terkait mengukur kejadian mekanis terbatas pada punggungan papiler tunggal," tulis para peneliti di makalah baru mereka.

Menariknya, ini adalah studi pertama yang menunjukkan bahwa sidik jari membantu kita merasakan dunia di sekitar kita dengan lebih akurat. "Kami memiliki semua hotspot ganda itu, dan masing-masing menanggapi rincian 0,4 milimeter, yang merupakan perkiraan lebar sidik jari," kata Jarocka kepada New Scientist. (Baca juga: Ilmuwan Ini Menjelaskan Apa yang Sebenarnya terjadi Ketika Manusia Mati)

"Kemudian otak kita menerima semua informasi itu. Ini benar-benar menawarkan penjelasan tentang bagaimana mungkin kita begitu cekatan dan memiliki kepekaan yang tinggi di ujung jari kita," katanya.