SpaceX Bersiap Luncurkan Roket Starship SN11

Kamis, 25 Maret 2021 - 14:39 WIB
loading...
SpaceX Bersiap Luncurkan Roket Starship SN11
Roket Starship SpaceX berdiri di atas tempat uji di fasilitas perusahaan Boca Chica, Texas. Foto/SpaceX
A A A
TEXAS - SpaceX sedang bersiap untuk meluncurkan prototipe Starship terbarunya, SN11 untuk melanjutkan ambisinya membawa manusia ke Mars. Namun belum jelas, apakah Starship SN11 akan dilancurkan hari ini atau besok.

Starship SN11 adalah roket prototipe terbaru yang sedang disiapkan untuk pengujian. SN11 merupakan perbaikan dari SN8, SN9 dan SN10 yang semuanya telah melakukan uji coba terbang. SpaceX sedianya akan menerbangkan SN11 pada akhir pekan ini tetapi dipercepat. (Baca: Roket Spacex Starship SN10 Meledak Tak Lama Setelah Mendarat)

Pada 22 Maret 2021, SpaceX melakukan uji api statis singkat pada roketnya. Tes api statis melihat semua mesin menyala saat roket tetap diam di tanah.

Ini biasanya merupakan indikator yang baik bahwa roket akan segera terbang karena menunjukkan kepada para ilmuwan bahwa alat tersebut berfungsi penuh. Namun, belum ada pengumuman resmi dari SpaceX .

Meskipun begitu, Cameron County - tempat markas SpaceX Boca Chica berada - telah memerintahkan penutupan jalan terjadwal di sekitar area tersebut untuk hari Rabu 24 Maret 2021. (Baca juga: Deteksi Dini Bencana Alam, NOAA Akan Benahi Ramalan Cuaca)

Penutupan jalan dijadwalkan antara jam 7 pagi dan 3 sore waktu setempat (12.00 dan 20.00 GMT). Namun, penutupan jalan juga telah dijadwalkan pada tanggal 25 dan 26 Maret 2021.

SpaceX belum memberikan indikasi untuk hari apa SN11 akan diluncurkan. Ketika SN11 akhirnya lepas landas, kemungkinan akan mengikuti lintasan yang sama seperti pendahulunya.

SN Starships sebelumnya semuanya berhasil terbang di ketinggian 10 kilometer sebelum turun untuk mendarat di tempat yang sama. Baik SN8 dan SN9 jatuh saat mereka mencoba mendarat. Sedangkan SN10 mendarat dengan selamat, tetapi meledak beberapa menit kemudian karena pendaratan keras yang menghancurkan tangki metana.

Miliarder eksentrik Elon Musk juga mengungkapkan dia ingin mengubah nama Boca Chica menjadi Starbase. Stasiun ini kemungkinan akan digunakan untuk menghubungkan Bumi ke Mars. (Baca juga: Selangkah Lagi, Misteri Asal-Usul Kehidupan di Bumi Akan Terungkap)

Mr Musk menulis di Twitter: "Creating the city of Starbase, Texas. From thence to Mars, And hence the Stars."

Boca Chica adalah komunitas tidak berbadan hukum, artinya tidak diatur oleh perusahaan kota setempat. Namun, jika Musk ingin mengganti namanya, itu harus melalui proses resmi.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1107 seconds (0.1#10.140)