Mengejutkan Astronom, ALMA Mendeteksi Putaran Angin di Stratosfer Jupiter

Jum'at, 26 Maret 2021 - 10:41 WIB
Mengejutkan Astronom, ALMA Mendeteksi Putaran Angin di Stratosfer Jupiter
Ilustrasi tentang angin di stratosfer Jupiter dekat kutub selatan planet, dengan garis biru menunjukkan kecepatan angin. Garis-garis ini ditumpangkan pada gambar asli Jupiter, yang diambil oleh pencitraan JunoCam di atas pesawat ruang angkasa Juno NASA. F
PARIS - Para astronom yang menggunakan teleskop radio astronomi interferometer Atacama Large Millimeter Array (ALMA) telah mengungkapkan putaran angin yang sangat kuat dengan kecepatan hingga 1.450 kilometer perjam di dekat kutub Jupiter . Selama ini, astronom mengetahui adanya putaran angin kencang di dekat kutub Jupiter tetapi posisinya jauh lebih tinggi di atmosfer.

Penelitian sebelumnya meramalkan bahwa kecepatan angin atmosfer atas akan berkurang dan menghilang jauh sebelum mencapai kedalaman stratosfer. “Data ALMA baru memberi tahu kami hal yang sebaliknya. Menemukan angin stratosfer yang kuat di dekat kutub Yupiter benar-benar mengejutkan," kata Dr. Thibault Cavalie, astronom di Laboratoire d'Astrophysique de Bordeaux, Prancis. (Baca: Ilmuwan Mengetahui Kedalaman Laut di Bulan Titan)

Dr. Cavalie dan timnya menggunakan ALMA untuk menganalisis molekul hidrogen sianida yang telah bergerak di stratosfer Jupiter sejak tumbukan komet Shoemaker-Levy 9, yang bertabrakan dengan raksasa gas pada tahun 1994. Data ALMA memungkinkan tim mengukur pergeseran Doppler - perubahan kecil dalam frekuensi radiasi yang dipancarkan oleh molekul - yang disebabkan oleh angin di wilayah planet ini.

“Dengan mengukur pergeseran ini, kami dapat menyimpulkan kecepatan angin seperti seseorang dapat menyimpulkan kecepatan kereta yang lewat dengan perubahan frekuensi peluit kereta,” kata Dr. Vincent Hue, seorang ilmuwan planet di Institut Penelitian Southwest seperti dikutip SCI-News.

“Hasil yang paling spektakuler adalah kehadiran dorongan angin yang kuat, dengan kecepatan hingga 1.450 km / jam, yang terletak di bawah aurora di dekat kutub,” kata Dr. Cavalie. Kecepatan angin ini lebih dari dua kali kecepatan badai maksimum yang dicapai di Bintik Merah Besar Jupiter dan lebih dari tiga kali kecepatan angin yang diukur pada tornado terkuat di Bumi. (Baca juga: Suhu Gklobal Naik Satu Derajat, 50% Penduduk Bumi Terancam Mengungsi)

“Deteksi kami menunjukkan bahwa angin kuat ini dapat berperilaku seperti pusaran raksasa dengan diameter hingga empat kali lipat diameter Bumi, dan tingginya sekitar 900 km (559 mil),” kata Dr. Bilal Benmahi, astronom di Laboratoire d ' Astrophysique de Bordeaux.

Selain angin kutub yang mengejutkan, para astronom menggunakan ALMA untuk memastikan keberadaan angin stratosfer yang kuat di sekitar ekuator planet, dengan mengukur kecepatannya secara langsung.

Jet yang terlihat di bagian planet ini memiliki kecepatan rata-rata sekitar 600 kilometer perjam. "Hasil penamatan ALMA ini membuka jendela baru untuk mempelajari daerah aurora Jupiter , yang benar-benar tidak terduga hanya beberapa bulan yang lalu," kata Dr. Cavalie.