NASA Sukses Menerbangkan Helikopter Ingenuity di Mars

Selasa, 20 April 2021 - 07:33 WIB
loading...
NASA Sukses Menerbangkan Helikopter Ingenuity di Mars
Setelah sempat beberapa kali tertunda, Badan Antariksa Amerika Serikat NASA akhirnya menerbangkan helikopter kecil Ingenuity di Mars. Foto/NASA
JAKARTA - Setelah sempat beberapa kali tertunda, Badan Antariksa Amerika Serikat NASA akhirnya berhasil menerbangkan helikopter Ingenuity di Mars. NASA menyebut keberhasilan ini sama bahagianya ketika Wilbur dan Orville Wright pertama kali menerbangkan pesawat bertenaga mesin pada tahun 1903.

Dalam penerbangan perdananya, Ingenuity berhasil mengudara selama kurang dari satu menit. Konfirmasi datang melalui satelit di Mars yang mengirimkan data helikopter kembali ke Bumi.

BACA: Helikopter Ingenuity Kontak Bumi Setelah Mendarat di Mars

Badan antariksa NASA menjanjikan penerbangan yang lebih berani di hari-hari mendatang. Helikopter Ingenuity akan diperintahkan untuk terbang lebih tinggi dan lebih jauh sebagai insinyur berusaha untuk menguji batas-batas teknologi.

NASA Sukses Menerbangkan Helikopter Ingenuity di Mars




"Kami sekarang dapat mengatakan bahwa manusia telah menerbangkan helikopter di planet lain," kata MiMi Aung yang gembira, manajer proyek Ingenuity di Jet Propulsion Laboratory (JPL) NASA di Pasadena, California, seperti dikutip BBC.

"Kami sudah lama membicarakan 'momen Wright Bersaudara' di Mars, dan ini dia," katanya.

Untuk mengenang momen Wright bersaudara, Ingenuity memebawa sedikit kain sayap Flyer 1, pesawat yang melakukan penerbangan bersejarah di Kitty Hawk, North Carolina, lebih dari 117 tahun yang lalu.

BACA JUGA: Ferrari Siap Hadirkan Mobil Listrik dengan Mesin Buas

Ada sorak-sorai di pusat kendali JPL saat foto pertama penerbangan tiba kembali di Bumi. Di latar belakang, MiMi Aung terdengar berkata: "Ini nyata!"



Demonstrasi tersebut memperlihatkan helikopter Ingenuity naik ke ketinggian lebih dari 3 meter, melayang, berputar 96 derajat, melayang lebih banyak, dan kemudian turun. Secara keseluruhan, pesawat itu berhasil terbang selama hampir 40 detik, dari lepas landas hingga mendarat.

Mengudara di Planet Merah tidaklah mudah. Atmosfer sangat tipis, hanya 1% dari kepadatan di sini, di Bumi. Hal ini membuat bilah pada helikopter sangat sedikit untuk mendapatkan daya angkat.

NASA Sukses Menerbangkan Helikopter Ingenuity di Mars
halaman ke-1
preload video
KOMENTAR ANDA