NASA Bagikan Video Penerbangan Perdana Helikopter Ingenuity di Mars

Selasa, 20 April 2021 - 12:04 WIB
NASA Bagikan Video Penerbangan Perdana Helikopter Ingenuity di Mars
Setelah sempat beberapa kali tertunda, Badan Antariksa Amerika Serikat NASA akhirnya menerbangkan helikopter kecil Ingenuity di Mars. Foto/NASA
CALIFORNIA - Helikopter Ingenuity milik NASA telah berhasil terbang perdana di Mars para Senin waktu setempat.

Untuk mengabadikannya, NASA mengunggah video helikopter Ingenuity yang terbang di Mars ke Twitter. Video itu ditangkap oleh kamera penjelajah Perseverance.

Helikopter ini melakukan penerbangan pertamanya, dengan ketinggian 10 kaki dari permukaan Mars selama 39 detik dan menandai penerbangan perdana pesawat bertenaga di planet lain.

Video tersebut menunjukkan pesawat seukuran kotak tisu itu naik dan melayang, sebelum dengan anggun mendarat kembali ke permukaan.

Menurut ilmuwan pencitraan Perseverance, Justin Maki, video diambil pada panjang fokus 34mm dengan kecepatan 6,7 frame per second dan merupakan rentetan dari sekitar 1.400 frames.

Melansir laman The Verge, Selasa (20/4/2021), video versi zoom penuh pada 110mm akan hadir dalam beberapa hari ke depan, bersama dengan foto dari kamera 13MP menghadap cakrawala Ingenuity.

Selain video, ada juga gambar hitam-putih dari kamera navigasi 1,5 MP Ingenuity yang menghadap ke bawah selama penerbangan.

Penerbangan Ingenuity tertunda beberapa kali karena ada masalah yang memerlukan penginstalan ulang perangkat lunak kontrol penerbangannya.

Tidak seperti Perseverance, Ingenuity tidak akan terlibat dalam eksperimen atau eksplorasi tertentu di Mars.

Namun helikopter mini ini akan melakukan lebih banyak uji terbang yang sudah direncanakan dalam beberapa minggu mendatang.