Butuh Inovasi Dorong Pengelolaan Keselamatan Pertambangan Non Logam dan Batuan

Minggu, 25 April 2021 - 15:08 WIB
loading...
A A A
Dewan Pengawas APKPI, Eko Gunarto berpendapat, jika bicara produktivitas salah satunya adalah bagaimana keselamatan pertambangan. Dan bicara keselamatan pertambangan, bukan hanya bicara K3 saja tetapi juga ada keselamatan operasi. Persoalannya adalah sebesar tinggi tingkat kesadaran kita terhadap keselamatan pertambangan.

"Perlu disadari bahwa keselamatan dan kesehatan pekerja merupakan hak dasar. Berapa nilai yang kita berikan untuk keselamatan pertambangan, maka sebesar itu pula upaya yang dilakukan terhadap nilai yang kita berikan terhadap keselamatan pertambangan," imbuhnya.

Sementara itu nara sumber Kepala Teknik Tambang PT Pacific Granitama, Budi Darmanto menjelaskan, kegiatan pertambangan wajib melaksanakan kaidah pertambangan yang baik sesuai peraturan menteri Nomor 26 tahun 2018 tentang pelaksanaan kaidah pertambangan yang baik dan pengawasan pertambangan mineral dan batubara.

"Salah satu kaidah pertambangan yang baik adalah pelaksanaan aspek pertambangan dan kesehatan kerja serta keselamatan operasi pertambangan," jelasnya.

Rinaldi Yudha Pratama, Mine Inspector Kementerian ESDM mengungkapkan, berbicara masalah keselamatan operasi pertambangan, yang ditekankan adalah pemeliharaan sarana prasarana operasi.

"Ketika ada peralatan yang sudah digunakan, maka pemeliharaannya juga harus bagus. Selanjutnya adalah kelayakan peralatan tersebut supaya dapat dipertanggungjawabkan ketika digunakan," pungkasnya.
(wbs)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1633 seconds (0.1#10.140)