Piramida Yonaguni Jepang hingga Kini Tak Bisa Dijelaskan Sains

Sabtu, 05 Juni 2021 - 21:04 WIB
loading...
Piramida Yonaguni Jepang hingga Kini Tak Bisa Dijelaskan  Sains
Piramida bawah laut Yonaguni di Jepang. FOTO/ IST
A A A
TOKYO - Yonaguni bangunan bawah laut yang menimbulkan banyak perdebatan. Piramida Yonaguni yang berada di bawah laut Jepang yang menyimpan misterinya yang belum terpecahkan.

Ditemukan pada tahun 1986 oleh instruktur diving bernama Kihachiro Aratake, hingga saat ini para ahli masih meneliti apakah piramida ini terbentuk secara alami atau buatan manusia.

Formasi Piramida Yonaguni berbentuk persegi panjang dengan sudut 90 derajat dengan dinding lurus dan bertingkat.


Banyak peneliti berpendapat bahwa Piramida Yonaguni dibangun ketika daerah tersebut berada di atas permukaan laut sekira 10 ribu tahun yang lalu. Namun tidak semuanya berpendapat sama.

Masaaki Kimura, seorang ahli geologi kelautan di Universitas Ryukyus di Jepang telah menyelam lebih dari 100 kali ke situs ini selama 20 tahun terakhir hanya untuk mengukur formasinya. Ia yakin bahwa ini adalah sisa-sisa sebuah kota yang tenggelam akibat gempa bumi.

Masaaki Kimura mengidentifikasi 10 struktur Yonaguni dan lima struktur terkait di pulau utama kinawa, dengan reruntuhan mencakup area seluas 300 meter x 150 meter.

“Saya pikir sangat sulit untuk menjelaskan asal-usul mereka sebagai hal yang alami, karena sejumlah besar bukti pengaruh manusia ada pada struktur,” ujar Kimura dikutip The Sun, Sabtu (5/6 /2021).

Peneliti ini mengatakan bahwa Piramida Yonaguni merupakan struktur besar yang tampak rumit, monolitik, dan piramida yang terdapat di kedalaman 25 meter. Ia menyebut piramida tersebut seperti berasal dari benua Asia, karena piramida tersebut menyerupai raja Okinawa kuno.

Ia juga menunjukkan bukti lain yang menegaskan bahwa itu buatan manusia, yaitu dua lubang bulat dan jalan lurus, lubang kecil yang ditafsirkan sebagai upaya untuk memisahkan bagian batu.

Berbeda dengan Masaaki Kimura, profesor ilmu dan matematika dari Universitas Boston, Dr Robert M. Schoch mengatakan bahwa Piramida Yonaguni terbentuk secara alami.

“Saya tidak yakin bahwa beberapa fitur utama atau struktur adalah buatan manusia, tetapi itu semua alami,” tulisnya dalam buku Voices of the Rocks.

Meski demikian, Schoch tak menampik kemungkinan monumen ini dibuat oleh manusia. “Kami juga harus mempertimbangkan kemungkinan bahwa Monumen Yonaguni secara fundamental adalah struktur alam yang digunakan, ditingkatkan dan dimodifikasi oleh manusia di zaman kuno,” tutupnya.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2192 seconds (0.1#10.140)