Temukan Lagi Fosil Dinosaurus, Kuatkan China sebagai Sarang Jurassic

Minggu, 06 Juni 2021 - 21:02 WIB
Temukan Lagi Fosil Dinosaurus, Kuatkan China  sebagai Sarang Jurassic
Fosil dinosaurus kembali ditemukan di China. FOTO/ IST
BEIJING - Ahli paleontologi China telah menemukan kerangka dinosaurus jurassic yang sangat lengkap.
Fosil, yang ditemukan di Lufeng, barat daya China, sekitar 70 persen utuh dan milik dinosaurus yang diyakini panjangnya hampir delapan meter.

Seperti dilansir dari DailyMAIL , pada penggalian pada bulan akhir Mei di tanah yang berusia sekitar 180 juta tahun, periode Jurassic.

Kepala Pusat Penelitian dan Konservasi Fosil Dinosaurus Kota Lufeng Wang Tao mengatakan: 'Fosil dinosaurus yang sangat lengkap seperti itu jarang ditemukan di seluruh dunia.'

Dia menggambarkan fosil itu sebagai 'harta nasional' dan mengatakan timnya sekarang berharap untuk menggali tengkorak dinosaurus.

'Berdasarkan fosil yang telah ditemukan selama bertahun-tahun, pada ekor, dan tulang pahanya, kami yakin ini adalah jenis Lufengosaurus raksasa, yang hidup selama periode Jurassic Awal', tambahnya.

Sebelumnya, Ahli paleontologi sejauh ini telah mengidentifikasi lebih dari 240 fosil jejak kaki dinosaurus di Kabupaten Shanghang di Kota Longyan di provinsi tersebut.

Situs jejak dinosaurus, seluas sekitar 1.600 meter persegi, adalah yang terbesar dan paling beragam dari jenisnya yang pernah ditemukan di China. Ini tanggal kembali sekitar 80 juta tahun ke periode Kapur Atas.

Jejak, dengan panjang bervariasi dari 8 hingga 55 sentimeter, ditinggalkan oleh setidaknya delapan spesies dinosaurus, seperti sauropoda herbivora, ornithopoda besar, ornithopoda kecil, theropoda tiga jari karnivora besar, deinonychus berkaki dua dan theropoda kecil. Banyak jejak kaki yang terawat baik dengan pola yang jelas.

"Setelah banyak eksplorasi, kami yakin bahwa kami akan menemukan lebih dari 240 jejak kaki di masa depan, yang bahkan mungkin berlipat ganda dalam kelompok fosil ini. Penemuan semacam itu akan memberi kami lebih banyak informasi dan sangat membantu kami mengungkap misteri dinosaurus di Fujian. , "kata Xing Lida, seorang profesor dari China University of Geosciences.

Departemen terkait di Fujian telah meluncurkan proyek perlindungan untuk memastikan kelancaran studi ilmiah sambil mencegah pelapukan luar ruangan dan kerusakan akibat ulah manusia.