Sempat Dihentikan 2013, Pesawat Supersonik Bakal Terbang Lagi 2029

Senin, 07 Juni 2021 - 06:02 WIB
loading...
Sempat Dihentikan 2013, Pesawat Supersonik Bakal Terbang Lagi 2029
Pesawat Super Sonic Terbaru. FOTO/ IST
NEW YORK - Maskapai penerbangan Amerika Serikat (AS) mengumumkan rencananya untuk membeli 15 pesawat 15 supersonik baru. United Airlines berharap dapat memperkenalkan kembali penerbangan supersonik pada tahun 2029.

Operasi penerbangan supersonik dihentikan pada tahun 2003 ketika British Airways dan Air France menghentikan pemesanan pesawat Concorde.

BACA JUGA - Temukan Lagi Fosil Dinosaurus, Kuatkan China sebagai Sarang Jurassic

Seperti dilansir dari BBC, pesawat Overture baru akan dikembangkan oleh perusahaan yang dikenal sebagai Boom yang berbasis di Denver.



Namun, kesepakatan United Airlines tergantung pada pesawat baru yang memenuhi standar keselamatan.

Kabarnya, Overture mampu mencapai kecepatan hingga Mach 1,7 atau setara dengan 1.805 kilometer per jam (km/jam) dibandingkan dengan pesawat penumpang biasa yang terbang dengan kecepatan sekitar 900 km/jam.

Dengan kecepatan itu, menurut perusahaan Boom, perjalanan dari London ke New York menggunakan pesawat Overture hanya memakan waktu tiga setengah jam dibandingkan delapan jam jika menggunakan pesawat penumpang biasa.

Menurut Boom, pihaknya yakin pesawat supersonik perusahaan tidak akan mengeluarkan suara lebih keras dari pesawat penumpang modern lainnya saatlepas landas, saat dalam penerbangan dan pendaratan.

"Untuk menjaga agar pesawat terbang cepat, dibutuhkan banyak energi dan untuk itu diperlukan lebih banyak bahan bakar," kata kepala komersial Boom Kathy Savitt kepada BBC.

Savitt juga berharap Overture akan dioperasikan sebagai pesawat bebas karbon.
(wbs)
preload video
KOMENTAR ANDA