China Merilis Foto Baru Mars dari Penjelajah Zhurong

Jum'at, 11 Juni 2021 - 20:06 WIB
loading...
China Merilis Foto Baru Mars dari Penjelajah Zhurong
China merilis foto-foto baru dari Zhurong yang menjelajahi permukaan planet merah pada hari Jumat (11/6/2021). Foto/CNSA
BEIJING - China merilis foto-foto baru rover Zhurong yang menjelajahi permukaan planet Mars pada hari Jumat (11/6/2021) Media pemerintah China menyebut hal ini sebagai tanda keberhasilan misi.

Penjelajah Zhurong yang dinamai dari nama dewa api dalam mitologi China, mendarat di wilayah Utopia Planitia Mars pada 15 Mei 2021. Ini adalah misi Mars pertama China dan menjadikannya negara kedua yang mendaratkan penjelajah di Mars setelah Amerika Serikat.

BACA: Ilmuwan Lepas 5 Juta Nyamuk Terinfeksi Bakteri Wolbachia di Yogyakarta

Penjelajah mengirim kembali gambar pertama Mars pada bulan Mei, beberapa hari setelah mendarat. Zhurong menunjukkan jalan yang akan dilalui dan lanskap datar di mana ia tiba.



Foto-foto baru Jumat ini termasuk panorama 360 derajat dari area pendaratan, dikumpulkan bersama dari sejumlah gambar yang diambil rover setelah mendarat sebelum mulai mengemudi melalui area tersebut, menurut Xinhua.

Gambar lain menunjukkan permukaan Mars berwarna oranye, dengan bebatuan yang tersebar, kawah melingkar di sisi jauh, dan bukit pasir di kejauhan.

China Merilis Foto Baru Mars dari Penjelajah Zhurong


Gambar ketiga menunjukkan bendera China di dekat platform pendaratan. Rover juga mengambil selfie menggunakan kamera nirkabel, menunjukkan panel surya yang diperluas dan bendera Cina kecil terpampang di peralatannya.

Penjelajah enam roda bertenaga surya ini dimaksudkan untuk bertahan selama tiga bulan, di mana ia akan mencari tanda-tanda atau bukti kehidupan purba di permukaan Mars. Sementara penjelajah menjelajahi planet ini, pengorbitnya juga melakukan misi deteksi ilmiah.

BACA JUGA: Google Diprediksi Akan Luncurkan Ponsel Layar Lipat pertama Tahun Ini



"China akan menerbitkan data ilmiah yang diambil dari permukaan Mars dan akan berbagi hasil dari pengembangan eksplorasi ruang angkasa negara itu," kata Zhang Kejian, kepala badan antariksa nasional China, dalam laporan Xinhua.

Misi Mars China dikatakan sukses begitu memasuki orbit planet dan mendaratkan rover yang bisa melintasi permukaan Mars dalam sekali jalan. Sebaliknya, NASA membutuhkan beberapa kali perjalanan pada 1971 dan 1997 sebelum berhasil mendaratkan penjelajahnya di Mars.

China meluncurkan probe Tianwen-1, membawa Zhurong dan peralatan lainnya, Juli lalu bersama dengan dua misi Mars internasional lainnya: penjelajah Ketekunan NASA dan Probe Harapan Uni Emirat Arab.

Ketiga misi diluncurkan sekitar waktu yang sama karena keselarasan antara Mars dan Bumi di sisi matahari yang sama, membuat perjalanan ke planet merah lebih efisien.

Meskipun Zhurong tidak secanggih teknologi NASA's Perseverance, yang juga saat ini menjelajahi Mars, kehadirannya mengirimkan sinyal yang jelas bahwa kemampuan luar angkasa China sedang mengejar kemampuan AS.

BACA JUGA: Sistem Pengapian Bermasalah? Kenali Ciri-ciri Busi Minta Diganti

Astronot China telah lama dikeluarkan dari Stasiun Luar Angkasa Internasional - dan salah satu ambisi negara itu adalah membangun stasiun luar angkasanya sendiri.

Saat ini China sudah melakukan pembuatan stasiun luar angkasa sendiri dan ditargetkan dapat beroperasi penuh pada akhir 2022, menurut media pemerintah China.
(ysw)
preload video
KOMENTAR ANDA