China Merilis Foto Baru Mars dari Penjelajah Zhurong

Jum'at, 11 Juni 2021 - 20:06 WIB
loading...
A A A
"China akan menerbitkan data ilmiah yang diambil dari permukaan Mars dan akan berbagi hasil dari pengembangan eksplorasi ruang angkasa negara itu," kata Zhang Kejian, kepala badan antariksa nasional China, dalam laporan Xinhua.

Misi Mars China dikatakan sukses begitu memasuki orbit planet dan mendaratkan rover yang bisa melintasi permukaan Mars dalam sekali jalan. Sebaliknya, NASA membutuhkan beberapa kali perjalanan pada 1971 dan 1997 sebelum berhasil mendaratkan penjelajahnya di Mars.

China meluncurkan probe Tianwen-1, membawa Zhurong dan peralatan lainnya, Juli lalu bersama dengan dua misi Mars internasional lainnya: penjelajah Ketekunan NASA dan Probe Harapan Uni Emirat Arab.

Ketiga misi diluncurkan sekitar waktu yang sama karena keselarasan antara Mars dan Bumi di sisi matahari yang sama, membuat perjalanan ke planet merah lebih efisien.

Meskipun Zhurong tidak secanggih teknologi NASA's Perseverance, yang juga saat ini menjelajahi Mars, kehadirannya mengirimkan sinyal yang jelas bahwa kemampuan luar angkasa China sedang mengejar kemampuan AS.



Astronot China telah lama dikeluarkan dari Stasiun Luar Angkasa Internasional - dan salah satu ambisi negara itu adalah membangun stasiun luar angkasanya sendiri.

Saat ini China sudah melakukan pembuatan stasiun luar angkasa sendiri dan ditargetkan dapat beroperasi penuh pada akhir 2022, menurut media pemerintah China.
(ysw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1559 seconds (0.1#10.140)