Melebihi Gunung Mas Kongo, Kini Berlian Berceceran di Tanah Afrika

Rabu, 16 Juni 2021 - 13:07 WIB
loading...
Melebihi Gunung Mas Kongo, Kini Berlian Berceceran di Tanah Afrika
Warga Afrika Selatan berburu berlian di KwaZulu-Natal.FOTO/ABC
A A A
KWAZULU-NATAL - Setelah temuan Gunung Emas di Kongo, kini kembali Afrika Selatan diserbu ribuan pemburu harta karun di desa KwaHlathi di provinsi KwaZulu-Natal Afrika Selatan untuk mencari batu permata atau berlian.

Seperti dilansir dari ABC.net, Insiden itu terjadi setelah seorang pria menemukan batu putih berkilauan yang diyakini sebagai berlian saat menggali di area terbuka di desa.



Berita penemuan batu tersebut kemudian menjadi menular di kalangan warga dan media sosial.

Sejauh ini, para ahli geologi belum menganalisis batu misterius yang ditemukan.

Pihak berwenang telah menginstruksikan warga di lokasi untuk meninggalkan daerah tersebut untuk memungkinkan pemeriksaan dilakukan.

Pemerintah setempat juga mengunggah video yang menunjukkan lingkungan sekitar di Twitter, menyuarakan keprihatinan tentang insiden yang dijuluki ' demam berlia n'.

Menurut pemerintah setempat, pihaknya mencatat adanya laporan kegiatan penambangan liar yang terjadi di KwaHlathi, Ladysmith.

Butir-butiran emas yang tersimpan pada sebuah Gunung Kongo dipastikan bisa membuat penduduk tersebut kaya mendadak. Hal inilah yang membuat penduduk di sekitar Kivu Selatan menyerbu gunung tersebut.

Pihak berwenang di Republik Demokratik Kongo telah mengumumkan larangan aktivitas penambangan setelah demam emas di provinsi Kivu Selatan menarik ribuan penggali ke lokasi tersebut.

Sebuah video dibagikan secara luas d media sosial di mana puluhan penduduk desa terlihat menggunakan sekop, alat lain, dan bahkan tangan kosong untuk menggali biji emas di gunung untuk mengambil emas.

Klip lain menunjukkan penduduk setempat mencuci kotoran dari logam kuning dan mengumpulkannya di wadah lain.

“Sebuah video dari Republik Kongo mendokumentasikan kejutan terbesar bagi beberapa penduduk desa di negara ini, ketika seluruh gunung yang dipenuhi dengan emas ditemukan! Mereka menggali tanah yang tersimpan emas dan membawanya ke rumah mereka untuk membersihkan kotoran & mengekstraksi emasnya , ” tutur Ahmad Algohbary, seorang jurnalis lepas, menulis di Twitter saat dia membagikan video.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0859 seconds (0.1#10.140)