Pindahkan Megaroket SLS, NASA Siap Meluncur ke Bulan

Selasa, 22 Juni 2021 - 22:07 WIB
loading...
Pindahkan Megaroket SLS, NASA Siap Meluncur ke Bulan
ilustrasi Logo NASA. FOTO/ IST
A A A
NEW YORK - NASA selangkah lebih dekat dengan bulan, lewat misi Artemis yang memang dirancang fokus pada eksplorasi ke bulan.

Badan antariksa AS itu telah selesai merakit megaroket Space Launch System (SLS) dan kini akan ditempatkan di platform peluncuran.


Megaroket SLS akan bergabung dengan dua pendorong roket yang telah disimpan di High Bay 3.

Pada musim panas ini, pesawat luar angkasa Orion akan dipasangkan dengan SLS dan siap untuk diluncurkan dalam uji terbang tanpa awak di sekitar bulan pada akhir 2021, sebagai bagian dari misi Artemis I.

Jika semuanya berjalan sesuai rencana, pejabat agensi mengatakan bahwa penerbangan itu bisa dilakukan pada awal November.

Misi Artemis I akan berlangsung lebih dari tiga minggu dan membuka jalan bagi Artemis 2, yang akan membawa awak empat orang mengelilingi bulan pada tahun 2023.

"Ini adalah pertama kalinya unit penerbangan lengkap bersatu," kata Sean Arrieta dari Sistem Tanah Eksplorasi NASA, dikutip dari Space, Selasa (22/6/2021).

Di luar itu, badan tersebut berencana untuk mulai mendaratkan astronot di dekat kutub selatan bulan dengan bantuan pendarat bulan yang dikembangkan secara komersial.

Pada bulan April, NASA memilih pendarat pertama - versi SpaceX's Starship - untuk mendaratkan kru Artemis pertama di bulan.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1702 seconds (0.1#10.140)