Kasus Covid-19 Melonjak, Ini 12 Cara untuk Hindari Penularan Virus

Minggu, 27 Juni 2021 - 18:54 WIB
loading...
Kasus Covid-19 Melonjak, Ini 12 Cara untuk Hindari Penularan Virus
Ditengah kasus positif Covid-19 yang melonjak, penting bagi masyarakat untuk melakukan pencegahan agar tidak tertular virus corona. Foto: dok Sindonews
A A A
JAKARTA - Kasus positif Covid-19 di DKI Jakarta terus melonjak. Sampai Sabtu, 26 Juni 2021, angka kasus positif virus corona mencapai 9.271 orang. Hal ini pun berpengaruh pada okupansi tempat tidur pada rumah sakit (RS) untuk perawatan pasien Covid-19.

Ditengah kasus positif Covid-19 yang melonjak, penting bagi masyarakat untuk melakukan pencegahan agar tidak tertular virus corona. Melansir Healthline pada Minggu (27/6), berikut 12 cara yang bisa Anda lakukan guna melindungi diri dari paparan Covid-19.


Sering-seringlah mencuci tangan

Gunakan air hangat dan sabun dan gosok tangan Anda setidaknya selama 20 detik. Oleskan busa ke pergelangan tangan Anda, di antara jari-jari Anda, dan di bawah kuku Anda. Anda juga bisa menggunakan sabun antibakteri dan antivirus.

Gunakan pembersih tangan ketika Anda tidak dapat mencuci tangan dengan benar. Cuci kembali tangan Anda beberapa kali sehari, terutama setelah menyentuh apa pun, termasuk ponsel atau laptop Anda.

Hindari menyentuh wajah Anda

SARS-CoV-2 dapat hidup di beberapa permukaan hingga 72 jam. Anda bisa mendapatkan virus di tangan Anda jika Anda menyentuh permukaan yang sering disentuh seperti gagang pintu, ponsel, dan yang lainnya.

Karenanya, hindari menyentuh bagian wajah atau kepala Anda, termasuk mulut, hidung, dan mata Anda. Hindari juga menggigit kuku. Ini dapat memberi kesempatan kepada SARS-CoV-2 untuk berpindah dari tangan Anda ke tubuh Anda.

Tidak melakukan kontak fisik dengan orang lain

Hindari menyentuh orang lain seperti berjabat tangan atau memeluknya. Kontak dari kulit-ke-kulit dapat menularkan SARS-CoV-2 dari satu orang ke orang lain.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2166 seconds (0.1#10.140)