Masker FFP3 Cegah Petugas Medis Tertular Virus dari Pasien COVID-19

Rabu, 30 Juni 2021 - 01:09 WIB
loading...
Masker FFP3 Cegah Petugas Medis Tertular Virus dari Pasien COVID-19
Penelitian Cambridge University Hospitals NHS Foundation Trust menyebutkan, kualitas masker wajah yang dipakai petugas kesehatan membuat perbedaan besar pada risiko infeksi virus corona. Foto/dok
A A A
LONDON - Penelitian Cambridge University Hospitals NHS Foundation Trust menyebutkan, kualitas masker wajah yang dipakai petugas kesehatan membuat perbedaan besar pada risiko infeksi virus corona.

Mengenakan masker bermutu tinggi yang dikenal sebagai FFP3 dapat memberikan perlindungan petugas medis dari paparan virus corona hingga 100%. Hasil penelitian ini telah diterbitkan dalam makalah pra-cetak yang belum ditinjau oleh rekan sejawat.

BACA: Wu Lien Teh, Dokter Malaysia Penemu Masker Wajah Peredam Virus Corona

Tahun lalu, sbagian besar rumah sakit menetapkan bahwa petugas kesehatan harus memakai masker bedah, kecuali dalam beberapa situasi terbatas. Masker ini relatif tipis dan longgar dan tidak dimaksudkan untuk menyaring aerosol menular.

Dengan masker medis , studi tersebut menemukan bahwa staf yang merawat pasien Covid di bangsal "merah" menghadapi risiko hingga 47 kali lebih tinggi daripada staf di bangsal "hijau" atau non-Covid.

Peneliti utama Dr Mark Ferris, seorang spesialis kesehatan kerja di rumah sakit, mengatakan staf medis terinfeksi Covid meskipun melakukan semua protokol dalam pengendalian infeksi.

Ketika gelombang kedua pandemi mulai melanda Desember lalu, para manajer di Cambridge membuat keputusan lokal untuk meningkatkan perlindungan di bangsal merah.

"Satu-satunya yang tersisa untuk dicoba yang dapat membuat perbedaan adalah respirator FFP3, dan mereka berhasil," kata Dr Ferris seperti dikutip BBC News, Selasa (29/6/2021).

Dalam minggu-minggu setelah langkah ini, tingkat infeksi di antara petugas kesehatan di bangsal merah turun secara spektakuler. Studi ini menyimpulkan bahwa kasus turun secara signifikan, dengan respirator FFP3 memberikan perlindungan 31-100% (dan kemungkinan besar 100%) terhadap infeksi dari pasien dengan Covid-19.

BACA JUGA: Selama Pandemi, Setengah Warga Inggris Nonton Porno, Banyak yang Cari Duit di OnlyFans

Dr Mike Weekes, dari Cambridge University NHS Hospitals Foundation Trust mengatakan penelitian tersebut memberikan beberapa bukti bahwa masker FFP3 lebih efektif daripada masker bedah .

"Mengingat perbedaan hasil yang kami lihat, kami menyarankan penggunaan masker FFP3 untuk siapa pun yang merawat pasien dengan virus corona," katanya.
(ysw)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1558 seconds (10.177#12.26)