Rover UEA Tangkap Gambar Aurora Mengerikan di Planet Mars

Senin, 05 Juli 2021 - 14:07 WIB
loading...
Rover UEA Tangkap Gambar Aurora Mengerikan di Planet Mars
Badan Antariksa UEA baru saja merilis gambar dari aurora alien yang menakutkan di planet Mars. Foto/Emirates Mars Mission
JAKARTA - Badan Antariksa UEA baru saja merilis gambar dari aurora alien yang menakutkan di planet Mars . Gambar tersebut diambil pengorbit Hope UEA menggunakan spektrometer ultravioletnya untuk menangkap struktur bercahaya atom oksigen bercahaya tinggi di langit malam Mars.

“Data lengkap yang dikumpulkan selama pengamatan ini termasuk emisi aurora ultraviolet jauh dan ekstrim yang belum pernah dicitrakan sebelumnya di Mars,” tulis Badan Antariksa UEA dalam pembaruan ke situs web Hope, dikutip dari Science Alert, Senin (5/6/2021).

BACA: 3 Debu Setan di Mars Terlihat di Video Penerbangan Terakhir Ingenuity

Aurora Mars tidak mirip dengan aurora yang terlihat di Bumi. Aurora Mars tidak dapat terlihat dengan mata telanjang. Sejauh ini untuk melihatnya diperlukan hanya instrumen yang dapat melihat panjang gelombang ultraviolet.



Namun Aurora yang ada di Mars dihasilkan dengan cara yang sama seperti aurora Bumi. Partikel dari angin matahari yang mengalir melalui ruang memasuki atmosfer Mars, dan berinteraksi dengan gas di atmosfer atas Mars. Ionisasi yang dihasilkan menyebabkan oksigen bersinar.

Rover UEA Tangkap Gambar Aurora Mengerikan di Planet Mars


"Suar cahaya yang menonjol pada cakram malam hari yang gelap adalah aurora diskrit yang sangat terstruktur yang melacak di mana partikel energik terlihat di atmosfer. Suar itu kemudian disalurkan ke bawah oleh jaringan medan magnet kerak yang tidak merata yang berasal dari mineral di permukaan Mars," kata Badan Antariksa UEA.

Karena peneliti belum pernah melihat struktur aurora yang begitu rinci dan terpisah di atmosfer Mars , gambar-gambar tersebut dapat mewakili alat baru untuk memetakan dan memahami hilangnya medan magnet Mars.

BACA JUGA: Redmi Note 10 Pro vs Mi 11 Lite, Mana Lebih Unggul?

Tambalan yang tersisa adalah sisa-sisa medan magnet global itu, yang terekam dalam mineral magnetik di batuan cair yang mengambil polaritas medan magnet sekitar saat mendingin dan mengeras.



Karena hilangnya medan magnet global terkait dengan hilangnya atmosfer tebal berikutnya. Ini akan memberi pemahaman bahwa medan magnet jadi sangat penting untuk memahami bagaimana planet Mars tidak dapat dihuni.
(ysw)
preload video
KOMENTAR ANDA