Penelitian Internasional Berusaha Ungkap Teknologi Alien di Luar Angkasa

Rabu, 28 Juli 2021 - 07:44 WIB
Penelitian Internasional Berusaha Ungkap Teknologi Alien di Luar Angkasa
Sebuah proyek penelitian internasional yang dinamakan Proyek Galileo berusaha mengungkap peradaban alien yang mampu membangun teknologi untuk perjalanan antar bintang-bintang. Foto/dok
CALIFORNIA - Sebuah proyek penelitian internasional yang dinamakan Proyek Galileo berusaha mengungkap peradaban luar angkasa yang mampu membangun teknologi untuk perjalanan antar bintang-bintang.

Proyek Galileo yang dipimpin oleh Avi Loeb, seorang profesor sains di Departemen Astronomi di Universitas Harvard, akan mencari dan menyelidiki bukti yang dapat mewakili peradaban teknologi luar angkasa yang sudah mati atau masih aktif.

Proyek ini akan menganalisis data dari survei astronomi dan pengamatan teleskop, dan merancang algoritma baru menggunakan kecerdasan buatan (AI), untuk mengidentifikasi calon pelancong antarbintang, satelit buatan alien, dan fenomena udara tak dikenal (UAP), menurut pernyataan itu.

"Ilmu pengetahuan tidak boleh menolak penjelasan luar angkasa yang potensial karena stigma sosial atau preferensi budaya yang tidak kondusif bagi metode ilmiah dari penyelidikan empiris," kata Loeb dalam pernyataannya.

Loeb, yang juga direktur Institut Teori dan Komputasi di Pusat Astrofisika Harvard-Smithsonian, sebelumnya telah menyarankan bahwa objek kosmik aneh 'Oumuamua yang melewati Bumi pada 2017 dan secara luas diidentifikasi sebagai komet atau asteroid adalah contoh teknologi alien. Oumuamua hanya terlihat sebentar sebelum melanjutkan perjalanannya ke bintang-bintang yang jauh.

Bentuknya yang rata, seperti cerutu dan gerakannya yang tidak menentu menghalangi banyak ahli astrofisika; Loeb adalah salah satu dari beberapa ilmuwan yang mengusulkan bahwa objek itu bisa menjadi jenis peralatan luar angkasa yang dibuat oleh makhluk luar angkasa, Live Science sebelumnya melaporkan.

"Kami hanya dapat berspekulasi apakah 'Oumuamua dapat dijelaskan dengan penjelasan alami yang belum pernah terlihat sebelumnya, atau dengan memperluas imajinasi kami ke 'Oumuamua mungkin menjadi objek teknologi luar angkasa , mirip dengan lightsail atau piringan komunikasi yang sangat tipis, yang sesuai dengan astronomi data cukup baik," kata Loeb.

Oumuamua adalah pengunjung antarbintang pertama di tata surya kita dan itu tidak berarti akan menjadi yang terakhir. Salah satu cabang penelitian Proyek Galileo akan fokus pada pengembangan strategi untuk menemukan dan melacaknya menggunakan teleskop berbasis darat. Area penelitian proyek lainnya akan mencakup pencarian satelit ETC kecil yang mungkin mengamati Bumi, dan analisis penampakan fenomena udara tak dikenal (UAP).