Pohon Tule! Tumbuhan Terbesar, Tertinggi, Tertua dan Terunik

Jum'at, 06 Agustus 2021 - 07:31 WIB
loading...
Pohon Tule! Tumbuhan Terbesar, Tertinggi, Tertua dan Terunik
Pohon Tule di Meksiko. FOTO/ IST
A A A
NEW MEXICO - Pohon terbesar, tertua, tertinggi dan terunik ada di Meksiko. Sebuah pohon unik yang dikenal sebaga i Pohon Tule menjadi simbol bagi penduduk Santa Maria del Tule Meksiko.

Seperti dilansir dari Oddity Central, sebuah pohon dari spesies Cemara Montezuma yang berumur sekitar 2.000 tahun, terletak di dekat gereja di Santa Maria del Tule.

Pohon Tule dikenal memiliki batang pohon paling tebal di dunia, berukuran 42 meter.

"Para ilmuwan percaya bahwa Pohon Tule tumbuh dari perpaduan dua pohon yang terpisah sampai sampel DNA hanya menunjukkan dari satu pohon," jelas laporan itu.

Pohon Tule juga dianggap unik karena ukurannya yang besar dan tinggi.

“Meskipun usianya sekitar 2.000 tahun, pohon itu dikatakan masih tumbuh lambat.

Pohon ini juga disebut Cemara Montezume Perkasa nama Tule sendiri berasal dari bahasa Spanyol El Arbol Del Tule. Pada zaman dahulu kala ketika kita belum lahir...Saat masih dalam era perang mencari kejayaan, Orang-orang spanyol yang berada di Meksiko mendirikan sebuah kota yang bernama Oaxaca. Nah , dari sinilah nama Tule itu tercetus yaitu dari Orang-orang Spanyol.

Menurut catatan sejarah suku Aztec dan bangsa Spanyol yang berada di sana, Tanaman ini sudah ada sekitar 2.0000 tahun yang lalu.

Diameter pohon yang mencapai 60 meter menjadikan pohon ini sebagai pohon terbesar di Dunia. Jika sebelumnya pernah mendengar tentang Giant Sequoia (pohon paling besar) yang berdiameter 29,5 meter maka jelas Pohon Tule jauh lebih besar dan perlu sampai 50 orang untuk membuat lingkar pohon ini.
(wbs)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1886 seconds (11.210#12.26)