NASA Deteksi Asteroid Sebesar 2 Kali Big Ben Melesat Kencang Menuju Bumi

Kamis, 26 Agustus 2021 - 12:34 WIB
NASA Deteksi Asteroid Sebesar 2 Kali Big Ben Melesat Kencang Menuju Bumi
Ilustrasi asteroid Sebesar 2 Kali Big Ben kencang. FOTO/ IIST
MENLO PARK - Sebuah asteroid besar akan memasuki orbit Bumi ada pekan ini. Ukuran asteroid itu bahkan disebut dua kali lebih besar dari Big Ben, sebuah lonceng besar di tengah menara jam yang terletak di utara Istana Westminster, Inggris.

Menurut pelacakan yang dilakukan NASA, asteroid yang dijuluki 2021 PT itu akan melakukan pendekatan pada Minggu, 29 Agustus.

Melansir laman Daily Star, Kamis (26/8/2021), asteroid ini memiliki diameter 110m hingga 240m, sedangkan Big Ben hanya 96m.

Dia melaju dengan kecepatan lebih dari 16.000 mph. Tapi tenang saja karena benda langit itu akan melewati Bumi pada jarak lebih dari tiga juta mil. Sebagai perbandingan, bulan saja berjarak 238.855 mil dari Bumi.

Benda ini digolongkan sebagai asteroid Apollo, "orbit asteroid dekat Bumi yang melintasi orbit Bumi mirip dengan 1862 Apollo"

Asteroid lain yang berhasil dilacak oleh NASA adalah 2011 UC292. Benda ini memiliki diameter lebih kecil dari 73m – 160m, tetapi melaju dengan kecepatan lebih cepat 19.103mph.

Namun, ia juga akan melewati Bumi pada jarak aman lebih dari dua juta mil pada Selasa, 24 Agustus lalu.

Dalam sebuah studi baru-baru ini, para ilmuwan percaya bahwa mereka mungkin selangkah lebih dekat untuk mengidentifikasi asal-usul asteroid yang memusnahkan dinosaurus.

Sejak akhir 1970-an, para peneliti semakin yakin bahwa batu luar angkasa itu mendarat di dekat Semenanjung Yucatán di Meksiko.

Asteroid kemudian menabrak Bumi dengan kecepatan lebih dari 67.000 mph, membentuk kawah tumbukan Chicxulub selebar 93 mil, dan hancur total oleh tabrakan.