Ilmuwan Jepang Berhasil Buat Daging Wagyu dengan Teknologi Cetak Tiga Dimensi

Jum'at, 27 Agustus 2021 - 09:00 WIB
loading...
Ilmuwan Jepang Berhasil Buat Daging Wagyu dengan Teknologi Cetak Tiga Dimensi
Daging buatan dengan cetak tiga dimensi yang dibuat oleh ilmuwan Osaka University sangat identik dengan daging wagyu sebenarnya. Foto/IST
A A A
JEPANG - Ilmuwan dari Osaka University baru-baru ini membuat kejutan karena berhasil membuat daging wagyu dengan teknologi cetak tiga dimensi pertama di dunia. Daging yang dikembangkan di laboratorium itu dikembangkan menggunakan sel punca yang diisolasi dari sapi-sapi Jepang. '

Tidak main-main, Techeblog menyebutkan daging yang dibuat dengan teknologi cetak tiga dimensi itu benar-benar tampil layaknya seperti daging Wagyu yang terkenal dimana pola guratan marmer yang ada di daging tersebut terlihat mirip dengan pola guratan marmer yang ada di daging buatan.



Dalam proses pembuatannya para ilmuwan dari Osaka University terlebih dulu menggunakan struktur histologis daging sapi Wagyu sebagai cetak biru. Setelahnya mereka kemudian kemudian mengembangkan metode pencetakan tiga dimensi yang mampu menghasilkan struktur kompleks yang dibuat khusus, seperti serat otot, lemak, dan pembuluh darah.

Ilmuwan Jepang Berhasil Buat Daging Wagyu dengan Teknologi Cetak Tiga Dimensi


Mereka memulai proses pembuatan dengan menggunakan dua jenis sel punca, yang disebut sel satelit bovine dan sel punca adiposa. Di laboratorium, dengan kondisi yang tepat, sel-sel itu dapat diubah untuk berdiferensiasi menjadi setiap jenis sel yang dibutuhkan pada daging budidaya. Serat-serat ini kemudian disusun secara cetak tiga dimensi untuk meniru struktur daging wagyu asli.



"Berkat teknologi ini, akan sangat mungkin untuk tidak hanya mereproduksi struktur daging yang kompleks, seperti daging wagyu yang indah, tetapi juga membuat penyesuaian halus pada komponen lemak dan otot, ”kata Michiya Matsusaki, ilmuwan dari Osaka University.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2116 seconds (0.1#10.140)