Tidak Bulat, Bulan di Planet Mars Ini Bentuknya Mengsol

Senin, 30 Agustus 2021 - 12:00 WIB
loading...
Tidak Bulat, Bulan di Planet Mars Ini Bentuknya Mengsol
Bulan di Planet Mars ini unik karena bentuknya tidak benar-benar bulat seperti bulan di planet bumi. Foto: dok NASA
A A A
SAN FRANSISCO - Robot penjelajah Mars, Perseverance, milik NASA baru-baru ini melihat salah satu bulan di Mars. Uniknya, bulan Mars memiliki bentuk yang tidak beraturan.

Bulan yang dinamakan Deimos ini berukuran relatif kecil dengan lebar 12 km. Karena ukurannya yang mungil, Deimos tampak seperti titik terang di langit malam Mars.



Deimos adalah salah satu dari dua bulan Mars. Bulan ini membutuhkan waktu sekitar 30 jam untuk mengorbit di Planet Merah, demikian dilansir dari Mashable, Senin (30/8)

NASA pun membagikan video bulan tersebut melalui akun Twitternya. Dalam videonya terlihat cahaya terang di langit Mars yang berkelip.

"Menonton langit itu menyenangkan di mana pun kalian berada. Kami sedang mengambil gambar untuk melihat awan dan menangkap sesuatu yang aneh, yakni Deimos yang merupakan salah satu dari dua bulan Mars," ujar NASA," cuit @NASAPersevere.

Misi rover Perseverance sendiri adalah mencari tanda-tanda potensial dari kehidupan primitif masa lalu yang ada di Mars dan mencari potensi kehidupan di Mars yang akan datang.

Perseverance saat ini sedang mengebor batu di Kawah Jezero. Kawah ini adalah tujuan yang menarik karena para ilmuwan NASA berpikir wilayah tersebut pernah dibanjiri air dan merupakan rumah bagi delta sungai kuno.


Rover Perseverance tidak hanya mengumpulkan batu dan pemandangan di Mars, ia juga merekam suara Mars yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Mikrofon rover telah menangkap suara bergemuruh di atas tanah berbatu, suara mengejutkan di bebatuan, dan angin Mars yang bersuara menakutkan.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2210 seconds (0.1#10.140)