NASA Temukan Benda Menyerupai Pedang Biru Star Wars

Senin, 06 September 2021 - 06:02 WIB
NASA Temukan Benda Menyerupai Pedang Biru Star Wars
Penemuan NASA menrupai pedang Star Wars. FOTO/ IST
NEW YORK - Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional ( NASA ) telah mendeteksi penemuan baru yang unik di luar angkasa yang menyerupai pedang biru seperti dalam film Star Wars.

Seperti dilansir dari Daily Star, Fenomena langka ini disebut sebagai HH1 atau 'Herbig-Haro Object' yang membentuk pedang pedang dari film fiksi ilmiah yang disutradarai oleh George Lucas.

Menurut penjelasan para astronom NASA, garis biru yang tampak seperti pedang itu merupakan lintasan dua pancaran gas yang sangat panas dan memantul keluar dari sebuah bintang yang baru terbentuk sekitar 1.300 tahun cahaya dari Bumi.

Meskipun kita tidak dapat melihat HH1 dengan mata telanjang seperti meteor yang jatuh atau Bulan, teleskop berteknologi Hubble dapat merekam peristiwa ini menggunakan pencitraan inframerah.

Sementara itu, para ilmuwan di Badan Antariksa Eropa menjelaskan dalam sebuah pernyataan bahwa peristiwa seperti HH1 sangat jarang terjadi.

"Bintang yang baru terbentuk biasanya sangat aktif dan dalam beberapa kasus, mereka memancarkan pancaran gas terionisasi yang sangat panas sehingga molekul dan atomnya kehilangan elektronnya."

"Aliran gas terionisasi itu kemudian tersebar dengan awan gas dan debu yang mengelilingi bintang-bintang yang baru terbentuk dengan kecepatan mencapai ratusan kilometer per detik," kata pernyataan itu.

Sejak mengambang di sekitar tata surya Bumi hampir 31 tahun yang lalu, teleskop luar angkasa Hubble NASA telah membuat jutaan penemuan yang mengesankan dan menangkap beberapa foto yang menakjubkan.

Ini telah membantu para ilmuwan menemukan lubang hitam, memperkirakan usia alam semesta, dan menemukan planet baru.