Bangun Koloni di Mars, Ilmuwan Ciptakan Beton dari Plasma Darah Astronot

Rabu, 15 September 2021 - 08:24 WIB

Selama rentang dua tahun, enam astronot dapat menyumbangkan cukup albumin untuk membangun 500 kilogram AstroCrete. Kontribusi setiap anggota kru akan menyediakan bahan bangunan yang cukup untuk memperluas habitat untuk menampung orang itu, menurut perhitungan para peneliti.

Tetapi perlu penelitian lebih lanjut karena perlu diketahui efek kesehatan jangka panjang dari donor plasma terus menerus di lingkungan dengan gravitasi rendah dan radiasi tinggi.

"Kami juga tidak tahu berapa banyak plasma yang dapat diambil dari satu orang secara berkelanjutan, dan bagaimana hal itu dapat mempengaruhi tingkat kelelahan," tulis peneliti.

Kendati begitu, peneliti menyatakan donor plasma tersebut mungkin hanya solusi jangka pendek. Setelah koloni didirikan mungkin tidak ada lagi kebutuhan untuk donor plasma.

"Kami percaya bahwa serum albumin biokomposit regolith ekstraterestrial manusia berpotensi memiliki peran penting dalam koloni Mars yang baru lahir. Tetapi pada akhirnya akan digantikan oleh bioreaktor serbaguna atau teknologi lain saat mereka sudah lama berada di sana," tulis peneliti.