Arkeolog Ungkap Manusia Purba Hindari Perkawinan Saudara Sedarah

Jum'at, 17 September 2021 - 09:02 WIB
Arkeolog Ungkap Manusia Purba Hindari Perkawinan Saudara Sedarah
Para arkeolog memastikan manusia purba menghindari pernikahan saudara 1 darah. FOTO Ilustrasi/ IST
LONDON - Sekelompok ilmuwan menganalisis kembali DNA manusia purba yang hidup selama 45.000 tahun lalu. Hasilnya mengejutkan manusia purba jarang memilih sepupu atau saudara sedarah mereka sebagai pasangan.

Seperti dilansir dari Max-Planck-Gesellschaft Kamis (16/9/2021), dalam kumpulan data global dari 1.785 individu, hanya 54, yaitu sekitar tiga persen, yang menunjukkan tanda-tanda khas orang tua mereka sebagai sepupu.

Seluruh 54 itu tidak mengelompok dalam ruang atau waktu, menunjukkan bahwa perkawinan sepupu adalah peristiwa sporadis dalam populasi purba yang dipelajari. Khususnya, bahkan pada kategori pemburu-pengumpul yang hidup lebih dari 10.000 tahun yang lalu, perkawinan antara sepupu adalah pengecualian.

Para peneliti mengembangkan alat komputasi baru untuk menyaring DNA purba pada keterkaitan orang tua. Alat ini mendeteksi bentangan panjang DNA yang identik dalam dua salinan DNA, satu diwarisi dari ibu dan satu dari ayah.

Semakin dekat orang tua terkait, semakin panjang dan lebih banyak segmen identik tersebut.

"Dengan menerapkan teknik baru ini, kami dapat menyaring lebih dari sepuluh kali lebih banyak genom purba daripada sebelumnya," kata Harald Ringbauer dari MPI-EVA, peneliti utama studi tersebut.

Selain mengidentifikasi perkawinan kerabat dekat, metode baru ini juga memungkinkan para peneliti mempelajari keterkaitan latar belakang. Keterkaitan tersebut berasal dari biasanya banyak hubungan jauh yang tidak diketahui dalam populasi kecil.

Sebagai hasil utama, para peneliti menemukan dampak demografi yang substansial dari inovasi pertanian. Hal ini selalu diikuti oleh penurunan yang mencolok dalam hubungan latar belakang orang tua, yang menunjukkan peningkatan ukuran populasi.

Dengan menganalisis transek waktu lebih dari selusin wilayah geografis di seluruh dunia, para peneliti memperluas bukti sebelumnya bahwa ukuran populasi meningkat dalam masyarakat yang mempraktikkan pertanian dibandingkan dengan strategi subsisten pemburu-pengumpul.