Astronom Berhasil Potret Kawah Tycho Bulan Pakai Kamera Resolusi Tinggi

Kamis, 23 September 2021 - 18:57 WIB
loading...
Astronom Berhasil Potret Kawah Tycho Bulan Pakai Kamera Resolusi Tinggi
Menggunakan teknologi radar baru pada 100-m Robert C. Byrd Green Bank Telescope, para astronom berhasil mencitrakan kawah bulan yang relatif muda yang disebut Tycho. Foto/NRAO/GBO/Raytheon/NSF/AUI
A A A
JAKARTA - Menggunakan teknologi radar baru pada 100-m Robert C. Byrd Green Bank Telescope, para astronom berhasil mencitrakan kawah bulan yang relatif muda yang disebut Tycho. Kawah ini terletak di dataran tinggi selatan Bulan dan tercipta karena tumbukan benda luar angkasa.

Dinamakan sesuai dengan nama penemunya, astronom Denmark Tycho Brahe, kawah Tycho diperkirakan sudah berusia 108 juta tahun. Kawah ini memiliki diameter 85 km, kedalaman 4,8 km, dan dikelilingi oleh sistem sinar khas yang membentuk jari-jari panjang yang mencapai sepanjang 1.500 km.

Gambar baru Kawah Tycho dari Teleskop Green Bank mencakup area seluas 200 kali 175 km. Gambar ini berisi sekitar 1,4 miliar piksel dan resolusinya mendekati 5 kali 5 m.



“Ini adalah gambar radar aperture sintetis terbesar yang kami produksi hingga saat ini dengan bantuan mitra kami di Raytheon,” kata Dr. Tony Beasley, direktur National Radio Astronomy Observatory, dan wakil presiden Radio Astronomy di Associated Universities, Inc.

Teleskop Green Bank dilengkapi dengan teknologi baru pada tahun 2020 yang memungkinkannya untuk mengirimkan sinyal radar ke luar angkasa. Menggunakan teleskop dan antena dari Very Long Baseline Array ini, beberapa tes telah dilakukan sejak saat itu, dengan fokus pada permukaan bulan , termasuk Kawah Tycho dan lokasi pendaratan Apollo NASA.



“Ini dilakukan dengan proses yang disebut radar aperture sintetis,” kata Galen Watts, seorang insinyur di Green Bank Observatory NSF.

Setiap pulsa ditransmisikan dari pantulan target oleh Teleskop Green Bank. Selanjutnya data itu diterima dan disimpan. “Pulsa yang disimpan dibandingkan satu sama lain dan dianalisis untuk menghasilkan gambar,” katanya.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1688 seconds (0.1#10.140)