Pesawat NASA untuk Menabrak Asteroid Pengancam Bumi Diluncurkan 23 November

Rabu, 06 Oktober 2021 - 12:25 WIB
loading...
Pesawat NASA untuk Menabrak Asteroid Pengancam Bumi Diluncurkan 23 November
Dalam wktu dekat NASA akan mulai meluncurkan pesawat luar angkasa yang akan digunakan untuk menabrak asteroid yang mengancam bumi. Foto/NASA
CALIFORNIA - NASA mulai menyiapkan peluncuran pesawat luar angkasa yang akan digunakan untuk menabrak asteroid yang mengancam bumi. Ada dua asteroid yang akan dibidik misi DART ini adalah asteroid Dimorphos dan Didymos.

Dilansir CNN, Rabu (6/10/2021), pesawat untuk misi DART ini akan diterbangkan pada pukul 10:20 malam pada 23 November 2021 menggunakan roket SpaceX Falcon 9 dari Vandenberg Space Force Base di California.

Setelah diluncurkan pada November, NASA akan menguji teknologi defleksi asteroid pada September 2022 untuk melihat bagaimana pengaruhnya terhadap pergerakan asteroid dekat Bumi di luar angkasa.

BACA: NASA Temukan Ribuan Letusan Supervulkanik yang Mengubah Mars Menjadi Gurun



Mengantisipasi ancaman objek dekat Bumi atau NEO yang berpotensi menyebabkan kerusakan parah adalah fokus utama NASA dan organisasi antariksa lainnya di seluruh dunia.

Pada September 2022, Didymos dan Dimorphos akan relatif dekat dengan Bumi, yakni sekitar 11 juta kilometer. Saat ini DART akan sengaja menabrak Dimorphos untuk mengubah gerakan asteroid di luar angkasa.

Tabrakan ini akan direkam oleh LICIACube, CubeSat pendamping atau satelit kubus yang disediakan oleh Badan Antariksa Italia. CubeSat akan melakukan perjalanan pada DART dan kemudian disebarkan darinya sebelum tumbukan sehingga dapat merekam apa yang terjadi.

BACA JUGA: Wuling Nano EV Batal Jadi Mobil Listrik Termurah di Dunia

"DART adalah langkah pertama dalam menguji metode untuk defleksi asteroid yang berbahaya," kata Andrea Riley, eksekutif program DART di Markas Besar NASA , dalam sebuah pernyataan.

Riley mengatakan, asteroid yang berpotensi berbahaya menjadi perhatian global. NASA dan tim dari Italia dan Eropa akan mengumpulkan data seakurat mungkin dari defleksi dampak kinetik ini.
(ysw)
preload video
KOMENTAR ANDA