Keahlian dan Inovasi Pengetahuan Bisa Bermanfaat untuk Segala Bidang

Jum'at, 08 Oktober 2021 - 11:27 WIB
loading...
Keahlian dan Inovasi Pengetahuan Bisa Bermanfaat untuk Segala Bidang
ilmu pengetahuan dan teknologi yang strategis adalah berbagai cabang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memiliki keterkaitan yang luas . FOTO Ilusttrasi/ IST
A A A
JAKARTA - Riset dan teknologi serta rangkaian ilmu pengetahuan yang digali, disusun, dan dikembangkan secara sistematis di bangku kuliah ternyata bisa tepat guna untuk bidang lain dari apa yang kita pelajari.

Hal itulah yang mendorong Alumni angkatan ke-33 Institut Pertanian Bogor (IPB) menggelar Diskusi seri 7, yang berlangsung secara daring pada Minggu, 3 Oktober 2021.
Diskusi yang mengangkat tema 'Bakti dari Penjuru Negeri' ini merupakan rangkaian kegiatan menuju Reuni Perak IPB '33' tanggal 11 Desember 2021 mendatang.

Diskusi kali ini menghadirkan tiga orang alumni IPB Angkatan 33 yang berdedikasi tinggi pada bidangnya masing-masing.

Kustini sejak kelas 3 SD telah bercita-cita menjadi dokter hewan sejak kelas 3 SD, Selepas SMA Kustini masuk Fakultas Kedokteran Hewan di IPB.

Setelah lulus kuliah Kustini memulai karirnya dengan magang di Praktik Dokter Hewan Bersama Lombok Vet, Bandung (2002-2006).

Kemudian diterima menjadi PNS sebagai Pelaksana di Balai Pengujian Sarana Produksi Peternakan, Dinas Peternakan Jabar (2007-2008) lalu menjadi Kepala Seksi Penyiapan Sampel Balai Pengujian Mutu Pakan Ternak Dinas Peternakan Jabar (2011-2017).

Walaupun di awal karir pekerjaannya tidak berhubungan dengan hewan melainkan bekerja di laboratorium.

Kustini kemudian ditempatkan di UPTD Rumah Sakit Hewan, Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan/ UPTD RSH DKPP Provinsi Jawa Barat sejak 2017.

'' Dokter hewan juga dibutuhkan di peternakan, sehingga kesehatan hewan ada hubungannya dengan kesehatan manusia dan lingkungan (one health),'' tutur Kustini dalam keterangan pers

Pembicara kedua bernama Sadikin, pria asal Aceh alumni Agronomi Budidaya Pertanian, Faperta IPB.

Sadikin berhasil merealisasikan mimpinya dengan mengubah kebun kopi menjadi Taman Kopi, untuk mengembangkan kopi konservasi dan wisata kopi di Kabupaten Bener Meriah, Gayo, Aceh.

Pembicara yang terakhir, berasal pedalaman Kalimantan Tengah, seorang wanita berprofesi guru bernama Arum Rahayu yang merupakan alumni Manajemen Hutan Fahutan, IPB. Arum meninggalkan zona nyaman , untuk mengabdi di sebuah SMP semenjak sekolah itu dirintis.

Dan akhirnya dari 3 pembicara itu menyimpulkan, ilmu pengetahuan dan teknologi yang strategis adalah berbagai cabang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memiliki keterkaitan yang luas dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi secara menyeluruh, atau berpotensi memberikan dukungan yang besar bagi kesejahteraan masyarakat, kemajuan bangsa, keamanan dan ketahanan bagi perlindungan negara, pelestarian fungsi lingkungan hidup, pelestarian nilai luhur budaya bangsa, serta peningkatan kehidupan kemanusiaan.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1870 seconds (0.1#10.140)