Asteroid Sebesar Piramida Giza Akan Mendekati Bumi Pekan Depan

Senin, 11 Oktober 2021 - 07:03 WIB
loading...
Asteroid Sebesar Piramida Giza Akan Mendekati Bumi Pekan Depan
Asteroid akan menembus bumi dengan kecepatan 29.000 mph. FOTO/ IST
NEW YORK - NASA kembali mengumumkan jika terdapat asteroid setinggi 520 kaki bernama 2021 SM3 seukuran Piramida Giza akan mendekati bumi pada pekan depan. Asteroid akan menembus bumi dengan kecepatan 29.000 mph.

Menurut Pusat Studi Objek Dekat-Bumi (CNEOS) NASA, asteroid akan datang 40 kali lebih dekat ke bumi daripada Venus, dan ini akan sering kali terjadi bebatuan dari langit berjatuhan.BACA JUGA - Penjelajah NASA Temukan Bukti Planet Mars Dulunya Seperti Bumi

Seperti dilansir dari Daily Star, Senin (12/8/2019) ilmuwan dari Universitas Cardiff, Iain McDonald, mengungkapkan jika pihaknya telah mengenali peristiwa-peristiwa ini sepanjang sejarah dan memikirkan efek lanjutan dari asteroid yang akan menghantam bumi.

“Selalu ada batu yang terbang di luar angkasa. Tak pelak salah satunya akan menghantam kita dan itu akan memiliki efek yang sangat dramatis," kata Iain.



Namun untungnya, NASA belum menemukan asteroid yang akan menghantam Bumi. Badan antariksa Amerika itu, memperkirakan bahwa setidaknya 95 persen asteroid 1 km (3.280 kaki) atau lebih besar tidak akan menghancurkan bum.

Namun, beberapa batu ruang angkasa dapat melenyapkan seluruh kota dan meluluhlantakkan kehancuran yang meluas dalam satu tabrakan langsung, menurut NASA.

Sebelumnya asteroid yang lebih besar dari gedung Empire State Building juga telah melewati bumi dengan kecepatan 10.400 mph pada 10 Agustus 2019.

Seringnya bebatuan jatuh ke bumi, membuat NASA mempercepat pembuatan pesawat Double Asteroid Redirection Test (DART).

DART dirancang untuk menghancurkan asteroid dengan pesawat ruang angkasa yang terletak 17,7 juta kilometer dari bumi.
halaman ke-1
preload video
KOMENTAR ANDA