Arkeolog Mesir Ungkap Rahasia Dua Mumi Bayi di Makam Raja Tutankhamun

Jum'at, 15 Oktober 2021 - 13:06 WIB
loading...
Arkeolog Mesir Ungkap Rahasia Dua Mumi Bayi di Makam Raja Tutankhamun
Akhirnya arkeolog berhasil mengungkap mumi dua bayi yang dimakamkan bersama Raja Tutankhamun di Mesir. Foto/dok
A A A
KAIRO - Setelah puluhan tahun penemuan spektakuler makam Raja Tutankhamun di Mesir, akhirnya arkeolog berhasil mengungkap mumi dua bayi yang dimakamkan bersama sang raja.

Makam Raja Tutankhamun ditemukan pada tahun 1922 di Lembah Para Raja, sebuah daerah di mana selama hampir 500 tahun tak tersentuh. Baru setelah makam yang berasal dari abad 16 hingga 11 SM ini ditemukan, arkeolog mendapatkan harta karun kuno yang tak terhingga.

Di balik penemuan makam itu, arkeolog belum mengetahui dua mumi bayi yang dimakamkan bersama Raja Tutankhamun. Tetapi baru-baru ini, identitas mumi dua bayi yang masih berusia lima dan satu bulan itu terungkap.



Berdasarkan analisis DNA dua mumi bayi perempuan itu, akeolog menyatakan kalau mereka adalah anak dari Raja Tutankhamun. Keduanya meninggal diperkirakan karena merebaknya wabah saat itu.

Profesor Salima Ikram, seorang ahli Mesir Kuno di Universitas Amerika di Kairo, mengatakan, saat itu tingkat kematian bayi dan anak-anak tinggi.

"Tapi sungguh luar biasa untuk membuat mereka dimumikan dengan hati-hati, dibungkus, dimasukkan ke dalam ke pompong, dimasukkan ke dalam peti mati dan ditempatkan di makam ayah mereka," katanya seperti dikutip Express.co.uk, Jumat (15/10/2021).



Egyptologist Dr Joyce Tyldesley mengatakan, kemungkinan dua bayi ini dimakamkan kembali bersama ayahnya ketika sang raja meninggal. "Ada alasan ritual kenapa mereka dimakamkan bersama-sama," katanya.

Dalam kepercayaan Mesir kuno, wanita dan anak perempuan sering kali berperan sebagai pelindung ayahnya untuk menuju perjalanan ke surga. "Dengan secara fisik berada di dalam kapal bersama, Tutankhamun akan dilindungi oleh kedua putrinya ini," katanya.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2733 seconds (0.1#10.140)