5 Bencana Nuklir Terburuk di Dunia, Dampaknya Bikin Ngeri

Minggu, 17 Oktober 2021 - 09:25 WIB
loading...
5 Bencana Nuklir Terburuk di Dunia, Dampaknya Bikin Ngeri
Bencana nuklir terburuk di dunia tercatat ada dibeberapa negara yang menggunakan reaktor nuklir untuk pembangkit listriknya. Foto/dok
JAKARTA - Bencana nuklir terburuk di dunia tercatat ada dibeberapa negara yang menggunakan reaktor nuklir untuk pembangkit listriknya. Tak sedikit korban berjatuhan akibat dampak langsung maupun tidak langsung yang disebabkan penyakit mematikan dari radiasi nuklir.

Sebenarnya ada sekitar 100 kecelakaan yang dilaporkan di pembangkit listrik tenaga nuklir di seluruh dunia. Namun tercatat ada lima bencana nuklir terburuk dalam sejarah yan menyebabkan korban jiwa dan biaya yang tidak sedikit.

Berdasarkan International Nuclear and Radiological Event Scale (INES) yang didirikan Badan Energi Atom Internasional (IAEA) ada tahun 1990, setiap peristiwa diklasifikasikan sesuai dengan skala 1-7, tergantung dari keparahan dan dampak yang ditingggalkannya.

BACA: Lokasi Kecelakaan Chernobyl Diusulkan Jadi Situs Warisan Dunia UNESCO



Berikut 5 bencana nuklir terburuk di dunia yang dikutip dari halaman Process Industry Forum:

1. Bencana Nuklir Chernobyl

Bencana Chernobyl adalah kecelakaan pembangkit listrik tenaga nuklir terburuk yang pernah ada dalam sejarah modern. Ini satu-satunya kecelakaan nuklir Level 7 yang terjadi pada 26 April 1986.

Penyebab kecelakaan karena ledakan uap yang menghancurkan reaktor nomor empat di pabrik Ukraina. Kebakaran yang dihasilkan menyebarkan limbah radioaktif dalam jumlah besar menyebar ke seluruh Eropa Barat.

Bencana ini menewaskan sekitar 30 orang akibat keracunan radiasi akut segera setelahnya dan meningkatkan ketakutan jangka panjang akan peningkatan kasus kanker tiroid.
halaman ke-1
KOMENTAR ANDA